Presiden Amerika Serikat Donald Trump. AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. AFP

Trump Yakin AS Dekati Puncak Wabah Covid-19

Internasional Virus Korona virus corona Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 08 April 2020 20:20
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump meyakini negaranya segera mencapai kurva tertinggi dari pandemi virus korona (covid-19). Trump menilai angka kematian akibat covid-19 di AS akan lebih sedikit dari perkiraan awal.
 
Setelah nanti AS melewati puncak pandemi, Trump berencana ingin segera memulai kembali perekonomian seperti biasa. "Kami ingin segera membuka (ekonomi), itu sebabnya saya pikir mungkin kita akan segera tiba di puncak kurva," tutur Trump, dilansir dari Straits Times, Rabu 8 April 2020.
 
Trump mendapat sejumlah kecaman karena dinilai terlalu meremehkan fase-fase awal mewabahnya covid-19. Padahal, sejumlah pejabat AS dikabarkan telah menginformasikan Trump mengenai ancaman sebuah virus korona varian baru dari Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu pejabat yang memperingatkan ancaman tersebut adalah Peter Navarro, penasihat urusan perdagangan Gedung Putih. Navarro dilaporkan telah mengirim memo kepada Trump pada akhir Januari 2020.
 
Navarro memperingatkan virus korona dapat menjadi pandemi global. Ia kemudian mendesak agar AS segera menerapkan larangan perjalanan ke Tiongkok.
 
Tak hanya sekali, Navarro juga menulis memo kedua yang dikirim pada akhir Februari 2020. Memo kedua berisi estimasi bahwa virus dari Tiongkok bisa membunuh dua juta warga AS. Trump mengaku tidak pernah melihat memo yang disampaikan Navarro.
 
Sebelumnya, gugus tugas virus korona AS memproyeksikan seitar 240 ribu orang di Negeri Paman Sam akan meninggal akibat covid-19.
 
AS mencatat angka kematian tertinggi dalam satu hari, yakni mencapai 1.939 kasus pada Rabu 8 April 2020. Total korban jiwa kini berjumlah 12.911 orang. Sementara total infeksi covid-19 di AS melampaui 399 ribu, dengan jumlah pasien sembuh 22.539.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif