Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)

Tornado Hantam Tiga Negara Bagian AS, 6 Orang Tewas

Internasional topan badai
Willy Haryono • 13 April 2020 09:40
Texas: Sedikitnya enam orang tewas terkena imbas badai yang memicu tornado serta banjir di tiga negara bagian wilayah selatan Amerika Serikat, Minggu 12 April. Tornado tersebut menghantam Louisiana, Texas, dan Mississippi.
 
Badan Manajemen Darurat Mississippi mengonfirmasi sejumlah kematian dari tiga wilayah. Satu kematian dikonfirmasi di Jefferson Davis County dan dua lainnya di Lawrence serta Walthall.
 
Di Louisiana, otoritas setempat melaporkan kerusakan sejumlah rumah di kota Monroe.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan Cuaca Nasional (NWS) memprediksi badai petir serta tornado kemungkinan masih akan melanda AS bagian selatan hingga Senin ini, 13 April 2020. NWS mengestimasi tornado juga dapat menghantam wilayah Alabama dan Georgia.
 
"Tornado, angin destruktif, dan hujan es berukuran besar masih mungkin terjadi," sebut NWS, dilansir dari BBC.
 
Pekan kemarin, Asosiasi Meteorologi Amerika (AMS) mengeluarkan panduan mengenai cara berlindung di tengah pandemi virus korona (covid-19). Karena banyak warga AS berada di dalam rumah, jumlah korban jiwa yang diakibatkan tornado relatif minim.
 
"Jangan biarkan virus (covid-19) menghalangi Anda dalam berlindung dari tornado," ucap AMS.
 
Ruang publik seperti sekolah atau gedung serba guna di seantero AS ditutup karena pandemi covid-19. Warga AS bagian selatan pun diminta untuk berlindung dari tornado di rumah masing-masing.
 
Gubernur Alabama Kay Ivey telah mendeklarasikan status darurat tornado pada Minggu 12 April, yang untuk sementara menghentikan proses mitigasi covid-19 agar warga dapat berlindung di gedung publik.
 
Namun, otoritas Alabama mengimbau warga yang berlindung untuk tetap patuh terhadap aturan menjaga jarak sosial (social distancing).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif