Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: Evaristo Sa/AFP)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: Evaristo Sa/AFP)

Bolsonaro Minta Kepala Daerah Cabut Lockdown Korona

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 25 Maret 2020 15:18
Sao Paulo: Presiden Jair Bolsonaro mendesak semua warga untuk tetap bekerja seperti biasa meski saat ini virus corona (covid-19) mewabah di banyak negara, termasuk Brasil.
 
Ia juga mendesak sejumlah wali kota dan gubernur untuk membatalkan penutupan wilayah secara menyeluruh (lockdown) yang diterapkan demi menekan angka penyebaran covid-19.
 
Sejauh ini, berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, total kasus covid-19 di Brasil mencapai 2.247 dengan 46 kematian dan dua pasien sembuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus kembali (ke kehidupan) normal. Beberapa negara bagian dan kota harus mencabut kebijakan mereka," kata Bolsonaro, dilansir dari India Today, Rabu 25 Maret 2020.
 
Bolsonaro menghadapi banyak kritikan atas sikapnya terhadap pandemi covid-19. Ia menganggap covid-19 hanya sebagai 'fantasi' dan 'flu kecil' meski telah menginfeksi lebih dari 400 ribu orang di seluruh dunia dan menelan 18 ribu jiwa.
 
Menentang sikap Bolsonaro, masyarakat Sao Paulo dan Brasilia berunjuk rasa dengan memukul-mukul panci dan wajan. Ini merupakan cara tradisional warga Brasil dalam menggelar aksi protes. Dalam sejumlah jajak pendapat, popularitas Bolsonaro merosot di tengah pandemi covid-19.
 
Menurut Bolsonaro, situasi mengerikan seperti di Italia tidak akan terulang di Brasil karena warga negaranya lebih banyak didominasi kaum muda. Sementara di Italia, jumlah orang lanjut usianya merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa.
 
Italia merupakan negara terparah dilanda covid-19 di Eropa setelah Tiongkok. Saat ini, infeksi covid-19 di Italia telah melampaui 69 ribu dengan 6.820 kematian dan 8.326 pasien sembuh.
 
"Sebagai mantan atlet, jika saya terinfeksi virus, saya tidak punya alasan untuk khawatir. Saya tidak akan merasakan apapun, paling hanya flu," imbuh Bolsonaro.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif