Venesia di Italia kembali menerima wisatawan pada 12 Juni 2020. (Foto: AFP/Andrea Pattaro)
Venesia di Italia kembali menerima wisatawan pada 12 Juni 2020. (Foto: AFP/Andrea Pattaro)

Uni Eropa akan Izinkan Pengunjung dari 14 Negara 'Aman'

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 30 Juni 2020 07:33
Brussels: Uni Eropa telah menetapkan 14 negara yang warganya dianggap "aman" untuk diizinkan masuk mulai 1 Juli mendatang meski pandemi virus korona (covid-19) belum berakhir. Amerika Serikat, Brasil, dan Tiongkok tidak masuk dalam daftar 14 negara tersebut.
 
Dikutip dari BBC, Selasa 30 Juni 2020, negara-negara yang dianggap "aman" oleh Uni Eropa adalah Aljazair, Australia, Kanada, Georgia, Jepang, Montenegro, Maroko, Selandia Baru, Rwanda, Serbia, Korea Selatan, Thailand, Tunisia, dan Uruguay.
 
Daftar tersebut masih mungkin diubah. UE mengaku siap menambah Tiongkok dalam daftar jika pemerintah Negeri Tirai Bambu menawarkan perjanjian timbal balik bagi pengunjung asal blok Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mayoritas negara-negara UE telah menyepakati daftar tersebut. Terdapat beberapa negara yang berselisih paham mengenai daftar tersebut, seperti Spanyol yang mengandalkan pariwisata tapi masih ingin bermain aman karena pernah terkena dampak parah covid-19.
 
Negara seperti Yunani dan Portugal juga sama-sama mengandalkan pariwisata, tapi tidak terlalu dihantam covid-19 sehingga mereka turut mendukung daftar tersebut.
 
Rencananya UE akan menyelesaikan dan meresmikan daftar 14 negara tersebut pada Selasa siang.
 
Untuk wilayah internal, UE telah membuka perbatasan bagi semua warga dari negara anggota. Aturan untuk warga asal Inggris diatur secara terpisah dalam negosiasi Brexit.
 
Namun warga Inggris masih akan diperlakukan sama seperti anggota UE hingga akhir periode transisi Brexit pada 31 Desember mendatang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif