NEWSTICKER
Kondisi salah satu supermarket di Lille, Prancis, di tengah mewabahnya virus korona covid-19, 12 Maret 2020. (Foto: AFP/Denis Charlet)
Kondisi salah satu supermarket di Lille, Prancis, di tengah mewabahnya virus korona covid-19, 12 Maret 2020. (Foto: AFP/Denis Charlet)

Pandemi Korona, Prancis Tutup Ruang Publik Non-Esensial

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 15 Maret 2020 12:00
Paris: Prancis telah mengumumkan penutupan semua ruang publik "nonesensial" di tengah mewabahnya virus korona covid-19. Ruang publik yang ditutup termasuk restoran, kafe, bioskop, diskotek, dan lainnya.
 
"Pergerakan, pertemuan, dan kontak harus benar-benar dibatasi," kata Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe pada Sabtu malam waktu setempat.
 
Dilansir dari Guardian, Philippe mengatakan ruang publik esensial seperti toko makanan, bank, dan transportasi umum akan tetap beroperasi seperti biasa. Ia menyebut kebijakan penutupan ini diterapkan usai jajaran kabinet Presiden Emmanuel Macron bertemu dengan komite sains Prancis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengumuman disampaikan setelah Direktur Otoritas Kesehatan Prancis Jerome Salomon menyatakan bahwa Eropa telah menjadi "pusat pandemi" covid-19. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyampaikan deklarasi serupa.
 
"Di Prancis, kita sedang menghadapi awal dari epidemi nasional yang tingkat penyebarannya begitu cepat di sejumlah zona," tutur Salomon.
 
Meski situasi di Prancis kurang kondusif akibat covid-19, Macron menegaskan pemilihan umum lokal akan tetap berlangsung seperti biasa.
 
Pemilu lokal putaran pertama di Prancis dijadwalkan berlangsung hari ini, Minggu 15 Maret 2020. Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran mengatakan proses pemilu tidak akan lebih berbahaya dari perjalanan ke supermarket.
 
Wali Kota Lamorlaye, Nicolas Moula, mengatakan bahwa kota kecil di utara Prancis itu optimismis jika pemilu akan berjalan lancar.
 
Pemerintah Prancis telah mengeluarkan pedoman proses pemungutan suara untuk semua TPS di seantero negeri. Mereka meminta masyarakat agar menjaga jarak, paling tidak satu meter dari orang di depannya pada setiap antrean.
 
"Kami telah mendistribusikan selebaran yang menjelaskan prosedur pemilu," pungkas Moula.
 
Prancis merupakan satu dari beberapa negara Eropa yang terkena dampak parah dari covid-19. Negara Eropa dengan dampak terparah covid-19 adalah Italia, yang jumlah kasusnya telah melampaui 21 ribu dengan 1.441 kematian.
 
Italia telah menerapkan penutupan total (lockdown) berskala nasional, sebuah langkah yang juga diikuti Spanyol.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif