Menlu Retno Marsudi (dua kiri) menyaksikan penandatanganan MoU antara Bio Farma dan Google Health di Los Angeles, AS, 17 September 2021. (Kemenlu RI)
Menlu Retno Marsudi (dua kiri) menyaksikan penandatanganan MoU antara Bio Farma dan Google Health di Los Angeles, AS, 17 September 2021. (Kemenlu RI)

Indonesia Jajaki Kerja Sama Kesehatan di Los Angeles dan Houston

Internasional kemenlu Bio Farma Kementerian BUMN menlu retno lp marsudi kemenkes pandemi covid-19 Kerja Sama Kesehatan
Willy Haryono • 18 September 2021 11:03
Houston: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama wakil menteri dari Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan menjajaki kerja sama ketahanan kesehatan di dua kota besar di Amerika Serikat, yakni Los Angeles dan Houston.
 
Penjajakan kerja sama ini merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan untuk memperkuat sistem kesehatan ke depannya.
 
"Pertama, pertemuan dengan Dynavax. Dynavax adalah produsen salah satu adjuvant terbaik di dunia. Adjuvant adalah suatu zat yang berfungsi menguatkan seed vaccine protein rekombinan," ujar Menlu Retno dalam keterangan pers secara virtual dari Houston, Texas pada Sabtu, 18 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagaimana diketahui, salah satu BUMN Indonesia di bidang farmasi, yaitu Bio Farma, tengah melakukan kerja sama pengembangan vaksin dengan Baylor College of Medicine dengan menggunakan platform protein rekombinan.
 
Menlu Retno mengatakan, kerja sama antara Bio Farma dengan Dynavax adalah dalam rangka untuk membangun kemandirian vaksin. Ke depannya, Bio Farma dan Dynavax secara bersama-sama dapat mengembangkan vaksin mandiri platform protein rekombinan.
 
Pertemuan kedua adalah BioFarma dengan Google Health. Dalam penjajakan ini, telah ditandatangani dua nota kesepahaman atau MoU.
 
"MoU pertama merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat melalui solusi teknologi digital, dan yang kedua untuk mendukung konsep digital and wellness corner” pada 20-50 apotek milik BUMN di Indonesia," tutur Menlu Retno.
 
Baca:  Pastikan Ketersediaan, BUMN Farmasi Diminta Bersinergi untuk Diplomasi Penyediaan Vaksin
 
Sebelumnya, Menlu Retno juga telah bertemu dengan Baylor College of Medicine di Houston. Ini merupakan pertemuan keduanya dengan Baylor setelah yang pertama berlangsung di awal Agustus lalu. Kerja sama BioFarma dengan Baylor ini pengembangan seed vaccine dengan platform protein rekombinan. 
 
"Kerja sama saat ini sudah memasuki tahap uji pra-kilnis dan segera dilanjutkan ke tahap uji-klinis yang diharapkan dapat diselesaikan pada akhir 2021," ungkap Menlu Retno.
 
"Ini dilakukan untuk mendukung ketahanan kesehatan Indonesia," lanjutnya.
 
Dua MoU telah ditandatangai Bio Farma dan Baylor, yakni "Amandemen Agreement Bio Farma-BMC" serta seputar kemitraan strategis kedua pihak yang akan memperkuat hubungan di luar penanganan pandemi Covid-19.
 
Masih di Houston, Pertamina juga telah menandatangani sebuah perjanjian dengan perusahaan ExxonMobil dalam upaya mendukung ketahanan energi nasional.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif