Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar. Foto: Medcom.id.
Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar. Foto: Medcom.id.

Wamenlu: Hubungan RI-Tiongkok Tak Pengaruhi Persahabatan dengan AS

Internasional indonesia-as
Marcheilla Ariesta • 24 September 2020 22:08
Jakarta: Hubungan Indonesia dengan Tiongkok saat ini tidak mempengaruhi bilateral RI dengan Amerika Serikat (AS). Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.
 
Mahendra, dalam webinar yang digelar Universitas Pelita Harapan mengatakan hubungan AS dan Indonesia baik sekali. Meski demikian, ia tak menampik ada kerikil-kerikil kecil, namun tetap bisa diatasi.
 
"Saya tidak merasakan itu (pengaruh hubungan dengan Tiongkok) pada hubungan Indonesia dan AS. Hubungan kita baik, bahkan baik sekali," kata Mahendra, Kamis, 24 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, AS tetap memperlakukan Indonesia sebagai negara sahabat dan mitra di berbagai organisasi internasional. Menurutnya, saat ini kedua negara adidaya itu menginginkan Indonesia berpihak pada salah satu dari mereka.
 
Namun, kata Mahendra, Indonesia berprinsip tidak akan memihak siapapun. Ini sesuai dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.
 
Hubungan AS dan Tiongkok yang memanas dikhawatirkan akan berdampak pada negara-negara di sekitar kawasan, termasuk Asia Tenggara. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerukan agar kedua negara saling menahan diri, dan tidak menyeret negara lain dalam perseteruan mereka.
 
Mulai dari perang dagang, hingga masalah virus korona (covid-19) yang adalah pandemi global dijadikan 'minyak dalam api' yang semakin memanas. Baru-baru ini, perseteruan AS dan Tiongkok menyeret wilayah Taiwan yang diklaim Beijing sebagai bagian mereka.
 
Di Laut China Selatan, kedua negara adikuasa itu juga saling memamerkan kekuatan militer satu sama lain. Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah perairan di Laut China Selatan, sementara AS memegang prinsip zona bebas navigasi di perairan internasional yang berada di sekitar wilayah Asia Tenggara itu.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif