Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Kembali Bela Penggunaan Hidroksiklorokuin

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 29 Juli 2020 08:17
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali membela penggunaan obat hidroksiklorokuin dalam pengobatan pasien virus korona (covid-19). Padahal, otoritas kesehatan AS telah menarik penggunaan darurat obat anti-malaria tersebut dalam penanganan covid-19.
 
Trump berpendapat, hidroksiklorokuin ditolak banyak pihak sebagai pengobatan covid-19 karena obat tersebut direkomendasikan dirinya.
 
"Menurut pandangan saya, didasarkan pada banyak buku dan pengetahuan yang telah saya dapat, saya rasa (hidroksiklorokuin) dapat menimbulkan efek positif di fase-fase awal," ujar Trump, dikutip dari lamanBBC, Rabu 29 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya rasa tidak ada salahnya mengonsumsi obat tersebut, walau secara politik terlihat tidak terlalu populer," sambungnya.
 
Pernyataan disampaikan Trump usai situs Twitter membekukan akun anak tertua Trump karena ia telah mengunggah sebuah video terkait hidroksiklorokuin.
 
Sejauh ini belum ada bukti kuat yang menyatakan hidroksiklorokuin efektif dalam pengobatan covid-19. Sejumlah regulator kesehatan justru memperingatkan bahwa hidroksiklorokuin berpotensi memicu masalah jantung di kalangan pasien covid-19.
 
Bulan lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memperingatkan penggunaan hidroksiklorokuin dalam pengobatan virus korona. FDA mengutip beberapa laporan yang menyebutkan adanya potensi "masalah jantung serius" dan isu-isu kesehatan lainnya seputar penggunaan hidroksiklorokuin pada pasien covid-19.
 
FDA juga mencabut izin penggunaan darurat hidroksiklorokuin untuk mengobati pasien covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, "saat ini belum ada bukti" bahwa obat tersebut efektif dalam pengobatan atau pencegahan covid-19.
 
WHO telah menghentikan sementara uji klinis hidroksiklorokuin.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif