NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo mengikuti KTT Luar Biasa G20 virtual, Kamis 26 Maret 2020. Foto: Biro Pers Media Istana
Presiden Joko Widodo mengikuti KTT Luar Biasa G20 virtual, Kamis 26 Maret 2020. Foto: Biro Pers Media Istana

Kepala Negara G20 Komitmen Lindungi Masyarakat dari Covid-19

Internasional Virus Korona ktt g20 Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 27 Maret 2020 10:29
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan para kepala negara berkomitmen untuk melindungi kehidupan masyarakat dari virus korona covid-19. Komitmen ini disampaikan dalam KTT Luar Biasa G20 yang dilakukan secara virtual dan dipimpin oleh Arab Saudi.
 
Baca: Komitmen USD5 Triliun Para Pemimpin G20 untuk Atasi Covid-19.
 
"Pesan pertama yang kita dapatkan dari KTT khusus ini, bahwa pandemi mengingatkan kita mengenai saling keterkaitan dan juga vulnerability kita," tuturnya dalam jumpa pers virtual yang dilakukan semalam, Kamis 26 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menjaga kehidupan masyarakat, para pemimpin juga berkomitmen mengembalikan dan menjaga stabilitas keuangan dan mengembalikan pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini, para kepala negara menyampaikan untuk meminimalkan disrupsi terhadap perdagangan.
 
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, kata Retno, secara khusus menyampaikan untuk memberi perhatian kepada negara berkembang. "Karena negara berkembang memiliki kapasitas yang tak sama dalam menangani isu covid-19," imbuhnya.
 
"Sekali lagi, koordinasi, sinergi, solidaritas, dan soliditas menjadi ruh dalam pertemuan KTT khusus covid-19 ini," tegas Retno.
 
Dari pertemuan tersebut, ada empat hal yang akan dikeluarkan melalui pernyataan para pemimpin G20, yakni upaya mengurangi pandemi, melindungi ekonomi global, menguraikan disrupsi perdagangan dan memperkuat kemitraan global.
 
Presiden Joko Widodo mengikuti pertemuan virtual ini didampingi Menlu Retno dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.
 
Saat ini, korban terinfeksi virus korona covid-19 di dunia mencapai 532.684 jiwa. Sementara korban meninggal sebanyak 24.054 jiwa dan pasien yang berhasil disembuhkan 122.193 orang. Amerika Serikat kini menjadi negara tertinggi dengan infeksi korona yang mencapai 85.486 orang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif