Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)

Zelensky Naikkan Pangkat Komandan AL yang Tenggelamkan Kapal Rusia

Internasional ukraina rusia Volodymyr Zelensky Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Medcom • 19 April 2022 12:36
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menaikkan pangkat seorang komandan tinggi angkatan laut Ukraina. Para pejabat menyebut langkah ini diambil sebagai bentuk penghargaan karena telah berhasil menenggelamkan kapal utama Armada Laut Hitam milik Rusia.
 
Oleksiy Neizhpapa naik pangkat dari Laksamana Muda ke Wakil Laksamana pada Sabtu pekan kemarin, menurut surat keputusan di situs web Zelensky.
 
Tidak dicantumkan alasan spesifik kenaikan pangkat tersebut. Namun, Victoria Strakhova, penasihat dalam pemerintahan Zelensky, mengatakan melalui Facebook bahwa semua orang tahu alasan di balik penghargaan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anton Gerashchenko, pejabat Ukraina lainnya, menyampaikan hal serupa dalam saluran Telegram-nya.
 
Keduanya menyiratkan bahwa kenaikan pangkat Oleksiy Neizhpapa berkaitan dengan penenggelaman Moskva, kapal penjelajah rudal Rusia yang beroperasi di Laut Hitam. Enam negara berbatasan dengan Laut Hitam, termasuk Rusia dan Ukraina.
 
Kapal tersebut dikonfirmasi tenggelam oleh Rusia pada Kamis, 14 April 2022 setelah Ukraina mengeklaim telah menghancurkannya dengan rudal. Rusia tidak mengakui klaim serangan Ukraina, tapi Amerika Serikat (AS) menyebut serangan rudal itu benar-benar terjadi.
 
Moskva menjadi kapal perang terbesar yang dihancurkan setelah Perang Dunia II.
 
Tenggelamnya Moskva merupakan pukulan besar bagi militer Rusia, dan di saat yang sama semakin memotivasi Ukraina. Media Rusia menghindar untuk melaporkan rincian hancurnya Moskva, sebagaimana dilaporkan editor BBC Rusia, Steve Rosenberg.
 
Kapal Moskva memperoleh popularitas di awal perang atas perannya dalam merebut Snake Island, di mana pasukan pertahanan Ukraina menolak untuk menyerah. Pasukan Ukraina juga sempat melontarkan umpatan kepada kru Moskva, sebuah peristiwa yang menjadi viral secara global.
 
Rusia begitu yakin akan kekuatan Moskva, dan dikabarkan menyimpan sebuah barang berharga Kristen Ortodoks di dalamnya, yakni potongan yang diakui sebagai "salib asli." Tidak diketahui apakah relik itu ikut tenggelam bersama kapal, seperti dilaporkan Mia Jankowicz dari Insider. (Kaylina Ivani)
 
Baca:  Prangko Kapal Rusia Moskva Diburu dan Dikoleksi Masyarakat Ukraina
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif