Jenderal Senior Myanmar Min Aung Hlaing. Foto: AFP
Jenderal Senior Myanmar Min Aung Hlaing. Foto: AFP

Sambangi Rusia, Pemimpin Junta Myanmar Komitmen Kerja sama Keamanan

Internasional Myanmar rusia aung san suu kyi Min Aung Hlaing Kudeta Myanmar Protes Myanmar
M Sholahadhin Azhar • 22 Juni 2021 06:54
Moskow: Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, dan pemimpin militer Myanmar berkomitmen untuk lebih memperkuat keamanan dan hubungan lain antara kedua negara. Hal ini dicapai pada pertemuan Moskow pada Senin 21 Juni 2021.
 
Pemimpin militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, terbang ke ibu kota Rusia pada Minggu untuk menghadiri konferensi keamanan. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sebelumnya pada Senin mengatakan Presiden Vladimir Putin tidak akan bertemu Min Aung Hlaing, Interfax melaporkan.
 
Baca: Pemimpin Militer Myanmar Tiba di Moskow untuk Hadiri Konferensi Keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktivis hak asasi manusia menuduh Moskow melegitimasi pemerintah militer Myanmar, yang berkuasa dalam kudeta 1 Februari dengan melanjutkan kunjungan bilateral dan kesepakatan senjata.
 
Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa, 22 Juni 2021, Rusia mengatakan, memiliki hubungan lama dengan Myanmar. Mereka mengatakan pada Maret bahwa pihaknya sangat prihatin dengan meningkatnya jumlah kematian warga sipil di Myanmar.
 
Hubungan pertahanan antara kedua negara telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dengan Moskow memberikan pelatihan tentara dan beasiswa universitas kepada ribuan tentara, serta menjual senjata ke militer yang masuk daftar hitam oleh beberapa negara Barat karena dugaan kekejaman terhadap warga sipil.
 
MRTV yang dikelola negara Myanmar mencurahkan 10 menit pertama siaran berita malamnya untuk laporan perjalanan Min Aung Hlaing ke Rusia. Mulai dari pertemuannya dengan pejabat di bandara hingga pertemuannya dengan Dewan Keamanan.
 
Siaran itu menunjukkan Min Aung Hlaing tersenyum dalam setelan bisnis, berpose untuk foto, berjabat tangan dan bertukar hadiah dengan anggota dewan sebelum menghadiri upacara di sebuah kuil Buddha di Moskow.
 
Laporan MRTV mengatakan Min Aung Hlaing dan Patrushev membahas kerja sama antara kedua negara mengenai langkah-langkah keamanan, urusan Myanmar saat ini dan sepakat untuk menjaga hubungan baik antara kedua militer mereka.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif