Sistem pertahanan anti-misil S-400 buatan Rusia. (AFP)
Sistem pertahanan anti-misil S-400 buatan Rusia. (AFP)

Erdogan Konfirmasi Turki Telah Uji Coba Sistem S-400

Internasional amerika serikat turki Recep Tayyip Erdogan
Willy Haryono • 24 Oktober 2020 08:46
Istanbul: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengonfirmasi bahwa militer negaranya telah menguji coba sistem pertahanan anti-misil S-400 buatan Rusia. "Tes itu benar adanya. Uji coba telah dilakukan dan akan terus berlanjut," kata Erdogan kepada awak media usai Salat Jumat di Istanbul pada Jumat, 23 Oktober.
 
Pembelian S-400 oleh Turki memicu kecaman dari Amerika Serikat, negara yang sama-sama merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). AS telah berulang kali mengingatkan ancaman sanksi terhadap Turki atas pembelian S-400.
 
Erdogan menekankan bahwa Turki tetap mempertahankan pembelian S-400. "Kami tidak akan meminta izin ke Amerika Serikat," ucap Erdogan, dilansir dari laman Xinhua pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan kemarin, laporan beberapa media menyebut bahwa uji coba S-400 telah dilakukan di Turki, tepatnya di provinsi Sinop.
 
Rusia dan Turki telah menyepakati perjanjian pembelian S-400 senilai USD2,5 miliar atau setara Rp36,6 triliun pada 2017. Pengiriman sistem pertahanan anti-misil itu telah diselesaikan pada 2019.
 
Baca:AS Ancam Jatuhkan Sanksi kepada Turki atas S-400
 
Paket pertama S-400 diterima Turki pada Juli tahun lalu. Pembelian ini membuat Turki dikeluarkan dari program kepemilikan jet tempur canggih F-35 buatan AS. Pilot Turki juga diminta segera pulang dari pelatihan di Negeri Paman Sam.
 
Kementerian Pertahanan AS kemudian memutuskan membeli delapan pesawat F-35A Lightning II yang seharusnya menjadi jatah Turki.
 
Berdasarkan Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) 2017, AS dapat menjatuhkan sanksi kepada siapapun yang melakukan transaksi militer "signifikan" dengan musuh AS, termasuk Rusia.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif