Capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden. (Jim Watson/AFP/Getty)
Capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden. (Jim Watson/AFP/Getty)

Biden Kecam Trump atas Rencana Mengganti Hakim Ginsburg

Internasional amerika serikat donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 21 September 2020 06:46
Philadelphia: Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden mengecam petahana Donald Trump yang berencana mengganti hakim Mahkamah Agung AS, Ruth Bader Ginsburg, sebelum pemilihan umum. Menurutnya, rencana mengganti seorang hakim MA sebelum pilpres adalah "penyalahgunaan wewenang."
 
Trump mengatakan dirinya akan menominasikan seorang perempuan untuk menggantikan Ginsburg, yang meninggal akibat kanker pankreas pada Jumat kemarin.
 
Biden beserta Demokrat bersama-sama mendorong Partai Republik menunda pemungutan suara di level Senat untuk sosok pengganti Ginsburg. Demokrat khawatir Republik akan memperpanjang mayoritas tokoh konservatif di jajaran Mahkamah Agung AS yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keseimbangan dari jajaran sembilan hakim di Mahkamah Agung AS merupakan hal krusial menyangkut berbagai isu penting di AS.
 
Dalam sebuah pidato di Philadelphia pada Minggu 20 September, Biden menilai Trump telah menjadikan isu Ginsburg "murni penyalahgunaan wewenang."
 
"Konstitusi Amerika Serikat mengizinkan semua warganya untuk didengar, suara mereka harus didengar. Mereka tidak akan tinggal diam atas penyalagunaan wewenang ini," kata Biden.
 
"Saya meminta Senat Republik -- tolong ikuti hati nurani Anda, biarkan warga berbicara, padamkanlah api yang sudah berkobar di negeri ini," sambungnya, dikutip dari laman BBC, Senin 21 September 2020.
 
Dua senator Republik, Lisa Murkowski dan Susan Collins, telah mendukung penundaan pemungutan suara pengganti Ginsburg hingga berakhirnya pilpres pada November mendatang. Dibutuhkan dua suara lagi dari senator Republik agar pemungutan suara konfirmasi pengganti Ginsburg dapat ditunda.
 
Sebelumnya, ketua Senat Republik Mitch McConnell menegaskan bahwa siapapun pilihan Trump akan didukung jajaran senator dengan cepat dan tanpa adanya penundaan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif