Seorang wanita lanjut usia mengenakan masker. (Foto: AFP)
Seorang wanita lanjut usia mengenakan masker. (Foto: AFP)

Nenek 113 Tahun di Spanyol Kalahkan Virus Korona

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 12 Mei 2020 09:22
Girona: Seorang wanita berusia 113 tahun di provinsi Girona, Spanyol, telah dinyatakan sembuh dari virus korona (covid-19). Media lokal melaporkan bahwa Maria Branyas, wanita tertua di Spanyol, berhasil sembuh setelah berjuang menghadapi covid-19 selama beberapa pekan.
 
Setelah dinyatakan positif covid-19, Branyas dikarantina di sebuah ruangan di panti jompo. Selang beberapa pekan, ia kemudian dinyatakan negatif.
 
Dikutip dari Anadolu Agency, Selasa 12 Mei 2020, dua rekan Branyas di panti jompo yang sama telah dinyatakan meninggal akibat covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Branyas disebut-sebut sebagai penyitas Flu Spanyol yang mewabah di benua Eropa dalam periode 1918-1920. Gerontology Research Group, sebuah grup riset global, mengklaim bahwa Branyas adalah individu tertua di dunia yang berhasil mengalahkan covid-19.
 
Menurut para dokter, orang lanjut usia dengan kondisi medis kronis merupakan kelompok paling rentan dalam pandemi covid-19. Sebagian besar dari kelompok tersebut tidak mampu pulih dari infeksi virus tersebut.
 
Sebelumnya, seorang nenek yang juga berasal dari Spanyol telah berhasil mengalahkan covid-19. Ada Zanusso, nenek berusia 104 tahun, juga dikenal sebagai salah satu penyintas Flu Spanyol.
 
Zanusso terjangkit covid-19 di sebuah panti jompo di Biella, Italia utara. Sebanyak 20 rekan Ada di panti jompo tersebut telah dinyatakan meninggal di tengah pandemi covid-19.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Selasa ini, total kasus covid-19 di Spanyol telah melampaui 227 ribu dengan 26 ribu lebih kematian dan 137.139 pasien sembuh.
 
Setelah muncul di kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir Desember 2019, covid-19 telah menyebar di lebih dari 210 negara dan wilayah. Eropa dan Amerika Serikat merupakan dua area terparah dilanda covid-19 sejauh ini.
 
Masih dari data Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di kancah global telah melewati angka 4,1 juta dengan 285 ribu lebih kematian dan 1.455.862 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif