Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP)
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP)

Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Constitucion Chile

Internasional gempa chile Gempa Bumi chile
Willy Haryono • 22 November 2020 09:37
Constitucion: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah barat laut Constitucion, Chile pada Sabtu malam, sekitar pukul 21.54 waktu setempat. Menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa terbaru di Chile ini memiliki kedalaman 20,14 kilometer.
 
Dilansir dari laman CGTN pada Minggu, 22 November 2020, episentrum gempa berlokasi di 34.6194 derajat lintang selatan dan 73.0759 bujur barat.
 
Hingga sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka serta kerusakan bangunan akibat gempa di Constitucion, Chile.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal September lalu, wilayah Ovalle di Chile diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4.
 
September tahun lalu, gempa bumi magnitudo 6,8 mengguncang lepas pantai Chile. Meski kekuatan gempa cukup besar, tidak ada laporan korban jiwa maupun luka. Badan Darurat Nasional Chile (ONEMI) juga tidak menerima laporan mengenai adanya kerusakan infrastruktur maupun fasilitas publik.
 
Di bulan Januari di tahun yang sama, Chile diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6,7.
 
Chile adalah salah satu negara yang paling rentan diguncang gempa bumi. Menurut data USGS, gempa berkekuatan 9,5 di Chile pada 1960 adalah yang terkuat dalam sejarah skala magnitudo.
 
Seperti beberapa negara rentan gempa lainnya, Chile terletak di Cincin Api atau Ring of Fire -- area yang mengelilingi Cekungan Pasifik. Gempa bumi dan erupsi vulkanik rentan terjadi di area tersebut.
 
Baca:Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Chile, Terasa Hingga Argentina
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif