Presiden AS Donald Trump diduga ingin keluarkan pengampunan untuk diri sendiri. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump diduga ingin keluarkan pengampunan untuk diri sendiri. Foto: AFP

Langkah ‘Dewa’, Trump Diduga Siapkan Pengampunan Diri Sendiri

Internasional amerika serikat donald trump
Fajar Nugraha • 08 Januari 2021 17:06
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyiapkan daftar lengkap orang-orang yang ingin dia beri pengampunan di hari-hari terakhir pemerintahannya. Pengampunan dikabarkan akan mencakup pejabat senior Gedung Putih, anggota keluarga, rapper terkemuka dan mungkin dirinya sendiri.
 
“Trump dijadwalkan untuk mengumumkan pengampunan pada 19 Januari atau hari terakhirnya di kantor. Idenya saat ini sedang diperiksa oleh penasihat senior dan kantor penasihat Gedung Putih,” sebut keterangan sumber di Gedung Putih.
 
“Pertanyaan terbesar yang dihadapi tim hukum Trump mungkin adalah apakah presiden memiliki kemampuan untuk mengampuni dirinya sendiri, seperti yang telah dia diskusikan dalam beberapa pekan terakhir dengan para asistennya,” menurut sumber tersebut, seperti dikutip The New York Times, Jumat 8 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengampunan proaktif sedang dibahas untuk pejabat tinggi Gedung Putih yang tidak dituduh melakukan kejahatan, termasuk kepala staf Mark Meadows, penasihat senior Stephen Miller, kepala personalia John McEntee, dan direktur media sosial Dan Scavino.
 
Sumber tersebut menyatakan, putri pertama Ivanka Trump dan menantu Presiden, Jared Kushner, yang keduanya memegang posisi Gedung Putih, juga sedang dipertimbangkan untuk pengampunan. Pengacara pribadi Trump Rudy Giuliani juga telah membahas masalah pengampunan dengan presiden.
 
Pengampunan terlebih dahulu juga sedang dipertimbangkan untuk anggota keluarga presiden lainnya, serta teman dan sekutu. Misalnya, Trump telah memberikan grasi untuk Kimberly Guilfoyle, mantan pembawa acara Fox News yang berpacaran dengan putra sulungnya.
 
Presiden menginginkan pengampunan dini untuk melindungi penerima dari penuntutan atas kejahatan federal yang dilakukan sebelum pengampunan dikeluarkan.

Daftar nama

Dia juga mempertimbangkan pengampunan tradisional untuk Albert Pirro, yang sebelumnya bekerja dengan presiden dalam kesepakatan real estat dan dihukum karena penipuan pajak. Pirro adalah mantan suami pembawa acara Fox News, Jeanine Pirro.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif