PM Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: Raul Arboleda/AFP/Getty)
PM Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: Raul Arboleda/AFP/Getty)

PM Spanyol Yakin Puncak Covid-19 Hampir Terlewati

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 05 April 2020 06:00
Madrid: Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan bahwa negaranya "sudah hampir melewati puncak infeksi" virus korona (covid-19). Keyakinan PM Sanchez didasari pada menurunnya angka kematian terbaru akibat covid-19 selama dua hari berturut-turut.
 
Pada Sabtu 4 April 2020, Spanyol mencatat 809 kematian dalam kurun 24 jam, yang merupakan angka terendah dalam sepekan terakhir. Jumlah infeksi baru juga menurun menjadi 7.026, dari 7.472 satu hari sebelumnya.
 
Selain mengutarakan keyakinannya mengenai puncak pandemi covid-19, PM Sanchez juga memutuskan memperpanjang kebijakan penutupan wilayah (lockdown) di Spanyol hingga 25 April mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perpanjangan ini diperlukan demi menyelamatkan nyawa banyak orang," ujar PM Sanchez, dilansir dari laman BBC.
 
Ia menyebut nantinya Spanyol akan meringankan lockdown secara berkala hingga sepenuhnya dicabut. Selagi menanti masa pencabutan, otoritas Spanyol berusaha mencarikan masker bagi semua masyarakat untuk meminimalisasi risiko penularan covid-19.
 
Saat ini masker hampir mustahil didapat di Spanyol. Pemerintah Spanyol sebelumnya pernah mengatakan bahwa masker lebih diprioritaskan untuk digunakan staf medis di rumah sakit.
 
Namun belakangan pandangan mengenai masker berubah di beberapa negara Barat. Di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar seluruh warga AS menggunakan masker di ruang publik.
 
Austria, Republik Ceko, Israel, dan Turki, juga menyerukan hal serupa kepada masing-masing warga.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins hingga Sabtu malam, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 1 juta 141 ribu dengan lebih dari 60 ribu kematian dan 235.775 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif