NEWSTICKER
Menara Eiffel terlihat di kejauhan dari Sungai Seine di Paris, Prancis, 14 Maret 2020. (Foto: AFP/LUDOVIC MARIN)
Menara Eiffel terlihat di kejauhan dari Sungai Seine di Paris, Prancis, 14 Maret 2020. (Foto: AFP/LUDOVIC MARIN)

Eropa Jadi Pusat Pandemi Korona, WNI di Prancis Aman

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 16 Maret 2020 09:00
Paris: Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir masih terus berkoordinasi dengan semua warga negara Indonesia (WNI) di Prancis di tengah pandemi virus koron covid-19. Para WNI dikabarkan dalam kondisi aman, dan sejauh ini tidak tertular virus tersebut.
 
"KBRI Paris telah aktif memberikan informasi secara reguler dan mengimbau WNI di Prancis untuk selalu berhati-hati, menjaga diri, dan mengikuti arahan otoritas kesehatan setempat terkait covid-19," kata Arrmanatha dalam pernyataan tertulis KBRI Paris, Senin 16 Maret 2020.
 
Ia menambahkan, KBRI Paris dan KJRI Marseille telah mengaktifkan grup koordinasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan perwakilan WNI, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan Asosiasi Indonesia di Prancis untuk mendapatkan informasi terkini kondisi WNI di seluruh wilayah Prancis

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari koordinasi dengan grup tersebut, semua WNI dalam keadaan baik. Kita terus monitor setiap hari," tuturnya.
 
Selain itu, Arrmanatha mengatakan pihaknya telah menyediakan rencana kontigensi bila keadaan di Prancis semakin memburuk. Namun, ia menolak membeberkan rencana tersebut.
 
Pemerintah Prancis telah melarang warganya untuk melakukan pertemuan umum yang melibatkan orang dalam jumlah besar, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Langkah ini diambil pemerintah usai ribuan warga Prancis dinyatakan terinfeksi virus korona.
 
KBRI Paris pun menunda dan membatalkan semua kegiatan yang melibatkan banyak orang hingga akhir April 2020. Staf KBRI Paris juga diminta untuk sementara tidak menerima tamu, kecuali untuk hal mendesak.
 
Meski demikian, Arrmanatha menambahkan, pelayanan KBRI Paris masih terus berjalan, khususnya untuk perlindungan WNI di Prancis. Saat ini terdapat 4.023 WNI yang tersebar di seantero Prancis.
 
"KBRI Paris akan terus melakukan penyesuaian terhadap berbagai langkah yang akan diambil dalam menghadapi penyebaran covid-19 sesuai situasi ke depan," tuturnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif