PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: AFP/Dave Chan)
PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: AFP/Dave Chan)

PM Kanada Terdiam Lama saat Ditanya soal Trump

Internasional Kematian George Floyd
Willy Haryono • 03 Juni 2020 07:13
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau terdiam cukup lama saat dimintai komentar oleh awak media mengenai penanganan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap aksi protes mengecam kematian George Floyd. PM Trudeau terdiam sekitar 20 detik, sebelum akhirnya mulai menjawab.
 
"Kita semua melihat dengan kengerian dan ketakutan atas apa yang terjadi di Amerika Serikat. Ini adalah waktu untuk menarik semua orang untuk bersatu, tapi juga merupakan waktu untuk mendengarkan," ucap PM Trudeau.
 
"Ketidakadilan (di AS) terus berlanjut, meski sudah ada kemajuan selama bertahun-tahun dan berdekade-dekade," lanjutnya, dilansir dari Guardian, Selasa 2 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Trudeau kemudian mengalihkan fokus ke Kanada. "Tapi ini juga adalah waktu bagi kita warga Kanada untuk menyadari bahwa kita pun memiliki tantangan-tantangan tersendiri. Ada diskriminasi sistemik di Kanada," tuturnya.
 
Menurut PM Trudeau, ketidaksetaraan struktural merupakan "kenyataan hidup" bagi warga Kanada yang mengalami diskriminasi rasial. Ia mendorong semua warga Kanada untuk menjadi "mitra dalam perang melawan diskriminasi."
 
Gelombang protes melanda seantero AS usai Floyd, seorang pria kulit hitam, meninggal usai lehernya ditindih seorang polisi bernama Derek Chauvin pada Senin 25 Mei.
 
Chauvin dan tiga rekannya telah dipecat dari jajaran Kepolisian Minneapolis satu hari usai kejadian. Chauvin dijerat satu pasal pembunuhan tingkat tiga dan satu pasal kelalaian berujung kematian.
 
Hasil autopsi resmi menunjukkan bahwa Floyd meninggal akibat dibunuh, terlepas dari sejumlah kondisi medis yang dideritanya.
 
Kerusuhan dan penjarahan mewarnai gelombang aksi protes mengecam kematian Floyd di puluhan kota AS. Bentrokan antara aparat keamanan dan demonstran pun tak terhindarkan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif