Sebuah mobil tertimpa pohon yang tumbang akibat Badai Arwen. (AFP/Paul Ellis)
Sebuah mobil tertimpa pohon yang tumbang akibat Badai Arwen. (AFP/Paul Ellis)

3 Orang Tewas dalam Terjangan Badai Arwen di Britania Raya

Internasional topan badai Inggris angin kencang Badai Arwen
Willy Haryono • 28 November 2021 18:04
London: Badai Arwen telah menewaskan setidaknya tiga orang dan memutus aliran listrik di banyak wilayah di timur laut Britania Raya, Minggu, 28 November 2021. Menurut laporan perusahaan Northern Powergrid, lebih dari 110 ribu pelanggan kehilangan aliran listrik akibat Badai Arwen.
 
Tiupan angin kencang yang dibawa Badai Arwen juga memicu lebih dari 550 kerusakan jaringan listrik di seantero Britania Raya. Kerusakan banyak dilaporkan terjadi di timur laut Inggris dan Yorkshire.
 
Dilansir dari CGTN, Badan Meteorologi Inggris (Met Office) telah mengeluarkan peringatan cuaca level merah untuk sejumlah wilayah di Britania Raya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Level merah dari Met Office sangat jarang dikeluarkan. Ini merupakan peringatan terkuat bagi para pengemudi di luar sana untuk tidak keluar rumah kecuali untuk urusan darurat," kata Rod Dennis dari RAC Breakdown pada Sabtu kemarin.
 
Area-area pesisir di timur Skotlandia dan timur laut Inggris diprediksi dilanda angin kencang, dengan kecepatan melampaui 128 kilometer per jam.
 
Baca: Badai Arwen Terjang Irlandia Utara, 1 Orang Tewas Tertimpa Pohon
 
Di Skotlandia, ruas jalan East Lothian ditutup sementara karena angin kencang yang dibawa Badai Arwen berpotensi menimbulkan kerusakan.
 
"Ada potensi terjadinya kondisi yang sangat berbahaya, yaitu angin yang sangat kencang dan gelombang yang sangat tinggi serta kuat," tutur Alex Deakin dari Met Office.
 
Layanan kereta ekspres dihentikan di utara Newcastle, sementara jalan-jalan tertutup oleh puing-puing yang berserakan di beberapa bagian Skotlandia, sementara hujan salju dari Jumat sore membawa gangguan ke rute secara lebih luas.
 
Salju dan pohon tumbang menyebabkan jalan di Inggris utara dan Skotlandia tertutup, memaksa banyak pengemudi tidur di kendaraan mereka semalaman.
 
Badai Arwen juga membuat sekitar 120 truk terjebak di salju di satu bagian jalan raya antara Manchester dan Leeds di Inggris utara.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif