Kebakaran hutan California, Amerika Serikat. Foto: AFP
Kebakaran hutan California, Amerika Serikat. Foto: AFP

50 Ribu Orang Dievakuasi dari Kebakaran Hutan Dekat Lake Tahoe California

Internasional Amerika Serikat kebakaran hutan cuaca ekstrem
Marcheilla Ariesta • 01 September 2021 15:35
California: Petugas pemadam kebakaran Amerika Serikat bertempur habis-habisan untuk mengatasi kebakaran hutan di dekat Lake Tahoe. Akibatnya, 50 ribu orang di sekitarnya dievakuasi.
 
Asap tebal dari kebakaran Caldor menyelimuti kota South Lake Tahoe dan perintah evakuasi diperluas ke negara bagian tetangga, Nevada.
 
Layanan Cuaca Nasional memperingatkan bahwa kondisi cuaca kritis dengan kelembaban yang sangat rendah pada Rabu, 1 September 2021. Hembusan angin mencapai 48 kilometer per jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan angin tersebut, ia menciptakan jalur api tajuk aktif saat melewati hutan. Ini berarti api benar-benar menjalar dari puncak pohon yang satu ke lainnya," kata analis perilaku kebakaran untuk Kementerian Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, Stephen Vollmer, dilansir dari Gulf Today.
 
Baca juga: Kebakaran Hutan California Hanguskan Hampir 900 Rumah
 
Vollmer menambahkan, bara api yang ada dapat menciptakan titik kebakaran baru.
 
Dua titik api besar merambat ke dalam 3 mil dari batas kota South Lake Tahoe pada Selasa, dan dalam 6 mil dari pantai selatan Lake Tahoe itu sendiri.
 
"Ada sejumlah besar petugas pemadam yang didedikasikan untuk melindungi rumah dan properti di South Lake Tahoe," ucap juru bicara Dinas Kehutanan AS, Dana Walsh.
 
Sehari sebelumnya, sekitar 22 ribu warga terpaksa bermacet-macetan selama beberapa jam usai diperintahkan untuk pergi saat api semakin besar.
 
Pejabat kota South Lake Tahoe mengatakan, hanya segelintir penduduk yang menentang perintah evakuasi pada Senin kemarin. Namun, pada Selasa semua orang akhirnya dievakuasi.
 
Kebakaran telah menghanguskan lebih dari 191.000 hektar hutan yang kekeringan, sekitar 14 ribu hektar lebih banyak dari hari sebelumnya. Petugas pemadam kebakaran berhasil 'mengukir' garis penahanan hanya sekitar 16 persen dari perimeternya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif