Sekjen PBB Antonio Guterres saat berada di Jenewa, 13 September 2021. (Fabrice COFFRINI / AFP)
Sekjen PBB Antonio Guterres saat berada di Jenewa, 13 September 2021. (Fabrice COFFRINI / AFP)

PBB Peringatkan Temperatur Global Dapat Naik Sebesar 2,7 Derajat Celcius

Internasional pbb perubahan iklim Sekjen PBB
Willy Haryono • 18 September 2021 18:04
New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan bahwa dunia sedang berada dalam "jalur bencana" terkait kenaikan temperatur global, yang disebutnya dapat melintasi batasan yang telah ditentukan sebelumnya.
 
Guterres khawatir temperatur global akan terus meningkat hingga sebesar 2,7 derajat Celcius, melampaui batasan yang dinegosiasikan dalam Perjanjian Iklim Paris 2015 di angka 1,5 derajat Celcius.
 
"Kita semua sebenarnya memiliki alat-alat yang dapat digunakan untuk mencapai target," kata Guterres, dikutip dari laman Yeni Safak, Sabtu, 18 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi kita sudah sangat kehabisan waktu," sambungnya.
 
Perang melawan perubahan iklim, lanjut Guterres, hanya dapat berhasil jika semua orang bekerja bersama dalam mendorong lebih banyak ambisi, kolaborasi, dan kredibilitas.
 
Baca:  Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Terkait Perubahan Iklim
 
Guterres meminta semua negara untuk tidak mengabaikan sains dalam upaya menangani perubahan iklim. Ia juga meminta jajaran pemimpin di semua negara untuk bergerak mengambil tindakan tegas.
 
"Jika tidak dilakukan, maka masyarakat di semua negara harus membayar harga yang sangat tragis," tutur Guterres.
 
Peringatan keras Guterres disampaikan usai PBB merilis sebuah laporan yang mengatakan bahwa komitmen-komtimen dalam perjanjian iklim Paris, yang sebagian besar tidak tercapai, dapat berujung pada peningkatan 16 persen emisi di tahun 2030 bila dibandingkan dengan level 2010.
 
Pemangkasan emisi sebesar 45 persen dibutuhkan hingga 2030 untuk mencapai netralitas karbon di pertengahan abad ini, tulis laporan PBB.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif