Ilustrasi kebakaran hutan. (Medcom.id)
Ilustrasi kebakaran hutan. (Medcom.id)

Kebakaran Hanguskan 20 Ribu Hektare Lahan di Italia, 1.500 Warga Dievakuasi

Internasional kebakaran hutan uni eropa Italia
Willy Haryono • 26 Juli 2021 07:58
Sardinia: Lebih dari 1.500 orang telah dievakuasi dari pulau Sardinia, Italia, di saat kebakaran hutan dekat tempat tinggal mereka menghanguskan sekitar 20 ribu hektare lahan. Menurut laporan saluran televisi Rainews24, kebakaran hutan pertama kali berkobar pada Sabtu malam di provinsi Oristano di bagian barat pulau Sardinia.
 
Kebakaran hutan terus berkobar karena tiupan angin kencang, dan hingga hari Minggu belum dapat dikendalikan.
 
Dilansir dari laman Anadolu Agency, Senin, 26 Juli 2021, sekitar 400 orang telah dievakuasi dari kota Scano Montiferro. Ratusan orang lainnya juga dievakuasi dari beberapa permukiman, yang totalnya telah melampaui 1.500.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekitar 7.500 personel gabungan dari dinas pemadam kebakaran, penjaga hutan, dan relawa, beramai-ramai memerangi kobaran api. Sekitar 20 pesawat juga dikerahkan untuk menyiramkan air dari udara.
 
Badan Pertahanan Sipil Italia telah meminta negara-negara Uni Eropa untuk membantu memadamkan kebakaran.
 
Baca:  Kebakaran Hutan di Italia, Turis Dievakuasi Menggunakan Perahu
 
"Mekanisme untuk meminta peralatan pemadam api dari luar negeri telah diaktifkan. Dua peralatan sedang dikirim dari Prancis, dan saya mengucapkan terima kasih untuk itu," kata Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio.
 
Presiden Sardinia Christian Solinas mengaku belum dapat menentukan seberapa besar skala kerusakan yang ditimbulkan kebakaran hutan.
 
Ia meminta pemerintah pusat untuk menyalurkan bantuan darurat, termasuk dana kompensasi bagi warga maupun pemulihan ekonomi lokal.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif