Putri Latifa dari kerajaan Uni Emirat Arab menunggangi kuda di Guangzhou, Tiongkok pada 22 November 2010. (Laurent FIEVET / AFP)
Putri Latifa dari kerajaan Uni Emirat Arab menunggangi kuda di Guangzhou, Tiongkok pada 22 November 2010. (Laurent FIEVET / AFP)

PBB Minta UEA Buktikan Putri Latifa Masih Hidup

Internasional pbb uni emirat arab Dubai Uni Emirat Arab (UEA) Sheikha Latifa binti Mohammed al-Maktoum
Willy Haryono • 21 April 2021 07:16
Jenewa: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta Uni Emirat Arab (UEA) untuk memberikan bukti "konkret" bahwa Putri Latifa Al Maktoum, putri dari pemimpin Dubai yang dikabarkan sedang ditahan, masih hidup. Dalam sebuah pernyataan dari Jenewa pada Selasa, 20 April 2021, sejumlah pakar hak asasi manusia PBB juga meminta agar Putri Latifa "segera" dibebaskan.
 
Putri Latifa berusaha melarikan diri dari Dubai pada 2018. Dalam video yang muncul di BBC Panorama, ia mengatakan sejumlah petinggi UEA membiusnya dan membawa dirinya kembali ke tahanan.
 
Baca:  Dengar Suara Sepatu, Putri Latifa Gagal Kabur

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, keluarga kerajaan Dubai mengatakan bahwa Putri Latifa berada dalam kondisi aman dan sedang "dirawat dengan baik di rumah."
 
Pada 5 Maret, PBB mengaku masih menanti detail lanjutan dari UEA -- dua pekan usai permintaan awal bukti Putri Latifa masih hidup.
 
Dalam pernyataan terbaru pada Selasa kemarin, para pakar PBB menyerukan UEA untuk menyuguhkan "informasi bermakna" mengenai nasib Putri Latifa "tanpa ditunda-tunda lagi."
 
Mereka meminta adanya verifikasi independen mengenai kondisi penahanan Putri Latifa. Jika terbukti Putri Latifa memang sedang ditahan, PBB mendesak pembebasannya.
 
"Pernyataan dari otoritas Emirat bahwa ia sedang dirawatdi rumah tidaklah cukup," ujar pernyataan para pakar PBB, dilansir dari laman BBC.
 
"Kami khawatir karena tidak ada informasi konkret yang diberikan otoritas (UEA) sejauh ini," ungkap mereka.
 
Februari lalu, BBC Panorama menghadirkan sebuah rekaman yang memperlihatkan Putri Latifa. Ia terlihat sedang ditahan di sebuah "vila yang diubah menjadi penjara" tanpa adanya akses bantuan medis.
 
Ayah Latifa, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia adalah pemimpin Dubai dan wakil presiden UEA.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif