Ratu Inggris Elizabeth II. (Foto: AFP)
Ratu Inggris Elizabeth II. (Foto: AFP)

Ratu Inggris Tekankan Pentingnya Media Terpercaya Selama Pandemi

Internasional Virus Korona inggris ratu elizabeth
Willy Haryono • 05 Oktober 2020 11:52
London: Ratu Elizabeth II mengeluarkan pesan dukungan terhadap industri surat kabar Inggris, yang berisi pujian terhadap media tradisional. Menurutnya, "memiliki sumber informasi terpercaya di tengah banyaknya media yang mencari perhatian merupakan hal penting."
 
Dalam sebuah surat untuk Asosiasi Media Berita Inggris, Ratu Elizabeth II berkata bahwa, "pandemi covid-19 sekali lagi mendemonstrasikan pentingnya layanan publik yang disuguhkan kantor berita terpercaya, baik di level nasional maupun regional."
 
"Usaha kantor beerita dalam mendukung masyarakat Britania Raya di tengah pandemi merupakan sesuatu yang berharga," sambungnya, dilansir dari laman Guardian pada Senin, 5 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan sang ratu disampaikan saat Asosiasi Media Berita Inggris meluncurkan kampanye bertajuk Journalism Matters. Kampanye ini diluncurkan dalam menggalang dukungan publik dan pemerintah terhadap kantor berita terpercaya.
 
Intervensi Ratu Elizabeth II dibarengi sebuah artikel dari ketua Asosiasi Media Berita Inggris, Henry Faure Walter. Dalam artikelnya, ia mengecam sejumlah perusahaan teknologi Amerika Serikat yang telah mengambil keuntungan iklan yang seharusnya didapat surat kabar.
 
"Sudah sejak lama Google dan Facebook bebas menggunakan jurnalisme kita di laman mereka untuk menggalang keuntungan besar, namun tidak cukup banyak berkontribusi terhadap industri (media)," tulis Walter.
 
Pekan kemarin, Google menganggarkan USD1 miliar untuk lisensi konten dari berbagai kantor berita di seluruh dunia. Angka tersebut masih relatif kecil dari hilangnya keuntungan industri surat kabar global dalam dua dekade terakhir.
 
Walter juga menyerukan adanya intervensi lebih lanjut dari Pemerintah Inggris untuk mendukung grup-grup surat kabar di seantero negeri. Ia meminta pemerintah untuk membantu mempertahankan jurnalisme independen di Inggris.
 
Banyak surat kabar di Inggris, dan juga negara-negara lain di dunia, sudah kewalahan secara finansial, bahkan sebelum munculnya pandemi covid-19.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif