Warga AS dan pendatang asing wajib serahkan surat negatif covid-19 saat bepergian. Foto: AFP.
Warga AS dan pendatang asing wajib serahkan surat negatif covid-19 saat bepergian. Foto: AFP.

Pendatang Asing Wajib Tunjukkan Surat Negatif Covid-19 untuk Masuk AS

Internasional amerika serikat covid-19
Marcheilla Ariesta • 14 Januari 2021 09:23
Washington: Amerika Serikat (AS) akan mewajibkan para pendatang asing untuk menunjukkan surat hasil tes negatif virus korona (covid-19). Ini menjadi syarat mutlak untuk memasuki Negeri Paman Sam.
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) yang menyampaikan pengumuman tersebut.
 
Kebijakan terbaru ini menjadi langkah AS untuk mencegah pendatang membawa virus korona masuk ke negara mereka. Terlebih, AS merupakan negara terparah yang terkena dampak covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah itu tak hanya berlaku bagi pelancong asing, tapi juga mencakup warga AS sendiri. CDC mengatakan aturan itu akan berlaku mulai 26 Januari.
 
Baca juga: WHO: Tahun Kedua Pandemi Covid-19 Mungkin Lebih Sulit
 
Surat hasil negatif covid-19 itu harus dibuat tiga hari sebelum penerbangan. Pihak maskapai sudah diperintahkan untuk tidak membawa penumpang bisa mereka tidak memiliki bukti negatif virus tersebut.
 
"Pengujian tidak menghilangkan semua risiko, tapi bila digabungkan dengan tindakan pencegahan sehari-hari, seperti memakai masker, menjaga jarak, ini dapat membuat lebih aman, sehat," kata Direktur CDC, Robern R. Redfield, dilansir dari Malay Mail, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Berdasarkan data John Hopkins University, AS mencatat 22.850.786 kasus infeksi, menjadikannya kasus tertinggi di dunia. Angka kematian mereka juga yang paling tinggi, yakni mencapai 380.825 kasus.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif