Warga Slovenia mengenakan masker saat bersepeda di ?Ljubljana, 8 Mei 2020. (Foto: AFP/Jure Makovec)
Warga Slovenia mengenakan masker saat bersepeda di ?Ljubljana, 8 Mei 2020. (Foto: AFP/Jure Makovec)

Slovenia Deklarasikan Berakhirnya Epidemi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 16 Mei 2020 12:52
‎Ljubljana‎: Slovenia menjadi negara pertama di Eropa yang mendeklarasikan berakhirnya ancaman epidemi virus korona (covid-19) di dalam negeri pada Jumat 15 Mei. Pemerintah Slovenia mengklaim covid-19 sudah sepenuhnya terkendali sehingga tidak perlu lagi ada langkah-langkah pembatasan luar biasa.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu 16 Mei 2020, total kasus covid-19 di Slovenia mencapai 1.465 dengan 103 kematian dan 270 pasien sembuh.
 
Dikutip dari Guardian, Pemerintah Slovenia kembali membuka perbatasannya dan mengatakan bahwa semua warga Uni Eropa dapat bebas masuk dari Austria, Italia, dan Hongaria. Sementara warga non-UE diwajibkan menjalani karantina 14 hari jika masuk ke Slovenia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus pertama covid-19 di Slovenia muncul pada 4 Maret, setelah seorang warga pulang dari Italia -- episentrum virus korona kala itu. Penyebaran covid-19 di Slovenia relatif terkendali, dan hingga kini masih tetap berada di bawah angka 1.500.
 
Pemerintah Slovenia telah melonggarkan sejumlah pembatasan pergerakan warga pada 20 April. Kala itu, sejumlah toko diizinkan beroperasi kembali, sementara bar dan restoran hanya boleh melayani tamu di teras luar.
 
Transportasi publik di Slovenia perlahan sudah dibuka kembali, dan aktivitas belakar mengajar di sejumlah sekolah akan dimulai Senin besok.
 
Meski mendeklarasikan kemenangan dari covid-19, Pemerintah Slovenia tetap meminta warga untuk menjaga jarak sosial (social distancing) dan aturan-aturan terkait lainnya.
 
Namun para pengunjung dari negara anggota UE yang tidak memperlihatkan gejala akan diizinkan masuk ke Slovenia tanpa perlu menjalani karantina.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif