Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)

Kasus Covid-19 di Amerika Latin dan Karibia Lampaui 500 Ribu

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 17 Mei 2020 20:03
Brasilia: Jumlah gabungan kasus virus korona (covid-19) di Amerika Latin dan Karibia telah melampaui 500 ribu per hari ini, Minggu 17 Mei 2020. Hampir separuh dari total tersebut berasal dari Brasil.
 
Data tersebut dikumpulkan kantor berita AFP dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan juga sejumlah otoritas. Ada kemungkinan total angka tersebut hanyalah gambaran kecil dari angka sebenarnya di Amerika Latin dan juga Karibia.
 
Banyak negara dunia hanya melakukan tes covid-19 pada kasus-kasus yang paling serius. Padahal menurut WHO, tes covid-19 merupakan bagian krusial dalam perang melawan pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, Brasil menjadi negara terbesar keempat dengan jumlah kasus tertinggi covid-19 setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Inggris. Dibanding ketiga negara tersebut, jumlah tes covid-19 di Brasil jauh lebih sedikit.
 
Masuknya Brasil ke daftar empat besar dipastikan semakin menekan Presiden Jair Bolsonaro, yang baru saja kehilangan menteri kesehatan keduanya pada Jumat kemarin. Menkes sebelumnya telah dipecat Bolsonaro bulan lalu.
 
Kosongnya posisi menkes dikaitkan dengan sikap Bolsonaro yang cenderung menentang rekomendasi pakar kesehatan.Ia merupakan salah satu kepala negara yang menentang kebijakan penguncian wilayah (lockdown) terkait pandemi covid-19.
 
Masih dari Brasil, sebanyak 116 perawat di negara tersebut meninggal akibat covid-19. Angka tersebut menjadikan Brasil sebagai negara dengan angka kematian tertinggi akibat covid-19 di kalangan perawat.
 
Data disampaikan Dewan Perawat Federal Brasil (COFEN) pada Sabtu 16 Mei. Di bawah Brasil, terdapat Amerika Serikat dengan 103 kematian perawat, Inggris 35, dan Italia di atas 30.
 
Menurut data grup pemantau Brazilian Nursing Observatory, Brasil mencatat total 14.861 kasus covid-19 di kalangan tenaga kesehatan, dengan rata-rata kematian mencapai 2,14 persen. Sekitar 61 persen dari total tersebut adalah wanita.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif