Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko. Foto: AFP
Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko. Foto: AFP

Eks Presiden Ukraina: Jangan Percaya Putin

Marcheilla Ariesta • 18 Mei 2022 23:36
Kiev: Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyatakan keprihatinan atas nasib tentara mereka yang dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di Mariupol. Ia menegaskan, untuk tidak mempercayai Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Poroshenko memuji para pejuang sebagai pahlawan. Namun, dia mengatakan, pengalamannya dalam berurusan dengan Vladimir Putin telah mengajarinya untuk tidak pernah mempercayai pemimpin Rusia itu. 
 
Menurutnya, selama mandatnya sendiri, beberapa warga Ukraina yang ditahan di Rusia belum dibebaskan. Meskipun ada janji dari Putin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap negosiator Ukraina memperoleh jaminan bahwa para tahanan tidak akan diadili atau dipenjara di Rusia.
 
"Poroshenko memuji kinerja angkatan bersenjata Ukraina karena mendorong Rusia keluar dari Kiev dan Kharkiv dan memberikan harapan bahwa mereka akan dapat melawan di wilayah Donbas timur," demikian dikutip dari France24, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Dia juga mendesak negara-negara Barat untuk terus memasok senjata berat ke Kiev.
 
Mantan pemimpin Ukraina itu menolak pembagian negaranya oleh Rusia. Ia mengatakan, prospek seperti itu tidak dapat diterima, seperti jika Prancis diminta untuk berpisah dengan Corsica. 
 
Saat menuduh Rusia melakukan kejahatan perang, dia mengatakan Ukraina menginginkan gencatan senjata 'segera dan tanpa syarat' dengan solusi yang dinegosiasikan. 
 
Ia juga memuji dukungan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk negaranya. Poroshenko mengundang pemimpin Prancis itu untuk datang ke Kiev agar dapat melihat sendiri situasinya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif