Warga Argentina melakukan tes covid-19 di tengah melonjaknya angka infeksi. Foto: AFP
Warga Argentina melakukan tes covid-19 di tengah melonjaknya angka infeksi. Foto: AFP

Amerika Selatan Menunjukkan Peningkatan Tajam Penularan Covid-19

Internasional Virus Korona argentina Kuba covid-19 pandemi covid-19
Fajar Nugraha • 29 Juli 2021 08:04
Brasilia: Covid-19 terus menimbulkan korban jiwa yang menghancurkan di wilayah Amerika Selatan. Argentina, Kolombia, Kuba, Ekuador, dan Paraguay di antara negara-negara dengan tingkat kematian mingguan tertinggi di dunia.
 
Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) mengatakan data tersebut pada Rabu 28 Juli 2021, mengenai laporan kasus harian covid-19 terbaru.
 
“Kasus meningkat lebih dari dua kali lipat di Amerika Serikat selama seminggu terakhir, terutama di antara orang yang tidak divaksinasi,” kata Direktur PAHO Carissa Etienne dalam sebuah pengarahan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis 29 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kuba mengalami infeksi virus korona dan tingkat kematian yang lebih tinggi daripada titik lain dalam pandemi di sana,” kata pemerintah setempat.
 
Mereka menambahkan bahwa lebih dari 7.000 anak di bawah umur dan hampir 400 wanita hamil telah dites positif dalam seminggu terakhir. Selama seminggu terakhir ada lebih dari 1,26 juta kasus covid-19 dan hampir 29.000 kematian dilaporkan di Amerika.
 
Titik infeksi telah dilaporkan di provinsi Argentina yang berbatasan dengan Bolivia dan Chile, dan di wilayah Amazon Kolombia.
 
"Ketika covid-19 terus beredar, terlalu banyak tempat yang melonggarkan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah sosial yang terbukti efektif melawan virus ini," kata Etienne.
 
Sejauh ini, hanya 16,6 persen dari populasi Amerika Latin dan Karibia yang telah sepenuhnya divaksinasi terhadap pandemi covid-19. Ini disebabkan karena negara-negara di kawasan tersebut belum mengakses vaksin yang diperlukan untuk menjaga keselamatan rakyatnya.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif