Asal tebal mengepul dari pabrik kimia Chemtool yang terbakar hebat di Rockton, Illinois, AS pada 14 Juni 2021. (SCOTT OLSON / Getty / AFP)
Asal tebal mengepul dari pabrik kimia Chemtool yang terbakar hebat di Rockton, Illinois, AS pada 14 Juni 2021. (SCOTT OLSON / Getty / AFP)

Kebakaran Masif Landa Pabrik Kimia di Illinois, Ratusan Warga Dievakuasi

Internasional Amerika Serikat kebakaran Pemadam Kebakaran
Willy Haryono • 15 Juni 2021 07:48
Illinois: Ratusan warga kota Rockton di Illinois, Amerika Serikat, dievakuasi di tengah terjadinya kebakaran masif yang melanda sebuah pabrik kimia pada Senin kemarin. Evakuasi diwajibkan bagi warga di radius 1,6 kilometer dari pabrik Chemtool Inc..
 
Kepala Pemadam Kebakaran Rockton Kirk Wilson berharap dapat mencegah terjadinya "mimpi buruk di bidang lingkungan" jika bahan kimia yang terbakar di Chemtool mengalir ke Sungai Rock yang berjarak sekitar 300 meter dari area pabrik.
 
Berbicara dalam konferensi pers, Wilson mengatakan pihaknya mampu menghentikan sebagian besar kobaran api dari bahan kimia di area pabrik. Kini, pihaknya hanya membiarkan sisa-sisa bahan kimia "terbakar" hingga habis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu kekhawatiran utama warga adalah tumpahnya bahan kimia ke Sungai Rock," tutur Wilson, dilansir dari laman 9news pada Selasa, 15 Juni 2021.
 
Kekhawatiran lainnya adalah kepulan asap tebal yang tertiup angin ke arah selatan dan tenggara. Wilson mengatakan timnya telah melakukan analisis kualitas udara dan menyatakan bahwa sejauh ini tidak ada ancaman bagi masyarakat setempat.
 
"Perintah evakuasi masih diterapkan sebagai bentuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Wilson.
 
Sekitar 150 rumah warga berada di zona evakuasi. Kobaran sisa-sisa bahan kimia di Chemtool diperkirakan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.
 
Saat ini ada sekitar 150 hingga 175 petugas pemadam yang berada di lokasi. Wilson mengatakan sejauh ini pihaknya belum dapat menentukan penyebab terjadinya insiden di Chemtool.
 
Saat terjadinya kebakaran, total 70 staf pabrik berhasil keluar dengan selamat. Satu petugas pemadam dilaporkan terluka dalam upaya pemadaman.
 
Baca:  Ibu dan Tiga Anaknya Tewas dalam Kebakaran Rumah Mobil di AS
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif