Pedro Castillo menggelar konferensi pers dengan media asing di Lima, Peru pada 15 Juni 2021. (Ernesto BENAVIDES / AFP)
Pedro Castillo menggelar konferensi pers dengan media asing di Lima, Peru pada 15 Juni 2021. (Ernesto BENAVIDES / AFP)

Mantan Guru Klaim Kemenangan dalam Pilpres Peru

Internasional politik peru peru
Willy Haryono • 16 Juni 2021 07:27
Lima: Tokoh sosialis Pedro Castillo mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum presiden Peru pada Selasa, 15 Juni 2021. Rivalnya, Keiko Fujimori, menuduh adanya kecurangan dan belum bersedia mengakui kemenangan Castillo.
 
Kubu Castillo berhenti menghitung suara saat keunggulan mereka atas Fujimori mencapai 44.058 suara. sementara Fujimori berusaha menganulir sejumlah suara yang dianggapnya telah dicuri.
 
Hasil resmi pilpres Peru pada 6 Juni lalu belum diumumkan, namun Castillo sudah mengklaim kemenangan via Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Era baru telah tiba," tulis Castillo, dilansir dari laman Metro.us. "Tidak ada lagi orang miskin di negara kaya," sambungnya.
 
Ia juga memperbarui profil di Twitternya menjadi "presiden terpilih Republik Peru (2021-2026)."
 
Meroketnya popularitas Castillo, seorang mantan guru berusia 51 tahun, mengguncang dunia elit politik dan bisnis Peru. Kemenangan Castillo dapat berdampak krusial terhadap industri pertambangan di Peru, produsen perunggu terbesar kedua di dunia. Castillo berencana menaikkan pajak di sektor tersebut.
 
Berbicara di hadapan pendukungnya di Lima pada Selasa, Fujimori bertekad untuk terus berjuang "membela demokrasi Peru." Ia berharap hasil pilpres dapat berubah setelah sejumlah suara berhasil ia anulir.
 
"Hasil dari ONPE (badan elektoral) telah keluar, tapi hal terpenting adalah evaluasi dari surat suara," tegas Fujimori. "Kami percaya pada otoritas, tapi kami lebih percaya pada keinginan rakyat," sambungnya.
 
Partai Castillo membantah adanya kecurangan dalam pilpres. Sejumlah pengawas internasional di Lima juga menyatakan pilpres awal Juni lalu berlangsung transparan.
 
Baca:  Rivalnya Hampir Menang, Fujimori Tuding Ada Kecurangan Pilpres
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif