Antony Blinken saat ditanya Komite Luar Negeri Senat AS sebut pemerintahan Biden tetap akui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Foto: AFP
Antony Blinken saat ditanya Komite Luar Negeri Senat AS sebut pemerintahan Biden tetap akui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Foto: AFP

Pemerintahan Biden Akan Tetap Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

Internasional Antony Blinken
Fajar Nugraha • 20 Januari 2021 10:24
Washington: Calon Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menegaskan kembali bahwa pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden akan tetapi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Kebijakan ini sebelumnya dikeluarkan oleh pemerintahan Donald Trump
 
Pada sidang konfirmasi dengan para Senator AS 19 Januari 2021, Blinken juga menjawab pertanyaan apakah Kedutaan Besar AS di Israel akan tetap berada di Yerusalem.
 
Ditanya apakah dia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Antony Blinken menjawab, "ya." Dan ditanya apakah kedutaan besar AS akan tetap di Yerusalem, Blinken kembali menjawab, "ya."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua langkah oleh pemerintahan Trump sangat kontroversial, karena baik Israel dan Palestina mengklaim kota suci itu sebagai ibu kota mereka. Status Yerusalem adalah masalah yang sangat pelik sehingga konsensus internasional meninggalkan diskusi tentang hal itu pada akhir negosiasi perdamaian Israel-Palestina.
 
Negosiasi perdamaian sebelumnya telah memasukkan gagasan bahwa masing-masing pihak akan mengklaim bagian kota yang berbeda sebagai ibu kotanya.
 
Pemerintahan Trump meninggalkan parameter yang diterima secara internasional itu dan tidak melibatkan Palestina. Selain itu, Trump secara sepihak memindahkan kedutaannya ke Yerusalem dan mengakui kota itu sebagai ibu kota Israel.
 
Pada sidang, Blinken mengindikasikan bahwa dia yakin kebijakan pemerintah Trump telah mendorong Israel dan Palestina lebih jauh dari kesepakatan damai daripada yang telah mereka lakukan dalam beberapa dekade.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif