Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. Foto: AFP.
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. Foto: AFP.

Ribuan Keluarga Terancam Miskin, PM Belanda Berencana Mundur

Internasional belanda uni eropa
Marcheilla Ariesta • 15 Januari 2021 20:01
Amsterdam: Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte dan para menterinya akan memutuskan untuk mengundurkan diri atau tidak. Hal ini dipicu salah urus subsidi perawatan anak oleh pemerintah.
 
Berdasarkan penyelidikan parlemen bulan lalu, subsidi perawatan anak ini telah mendorong ribuan keluarga ke dalam kehancuran finansial. Menurut laporan tersebut, sekitar 10 ribu keluarga dipaksa untuk membayar kembalu puluhan ribu euro subsidi setelah dituduh melakukan penipuan.
 
Mereka dilaporkan menyebabkan pengangguran, kebangkrutan dan perceraian. Laporan tersebut menggambarkan kasus salah urus selama satu dekade ini sebagai 'ketidakadilan yang belum pernah terjadi sebelumnya'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus ini menjadi tekanan bagi pemerintah untuk mengundurkan diri pekan ini. Rutte mengatakan ia memperkirakan nasib pemerintahannya akan diputuskan dalam pertemuan Kabinet yang dijadwalkan dilakukan pukul 10.00 waktu setempat.
 
"Saya berharap pertanyaan mengenai masa depan politik kita akan diajukan kemudian," katanya dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 15 Januari 2021.
 
Menteri lainnya mengatakan mereka telah mengambil keputusan, namun tidak menjelaskan lebih lanjut.
 
Jika Rutte menyerahkan pengunduran dirinya kepada Raja Willem-Alexander pada Jumat malam, ini akan menandai keruntuhan pemerintah pertama sejak 2012.
 
Menanggapi pertanyaan mengenai kemungkinan pengunduran dirinya, Rutte menjelaskan bahwa Kabinetnya akan tetap mampu sepenuhnya mengelola krisis virus korona (covid-19) bahkan jika mereka menggunakan status 'pemerintah sementara.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif