Ilustrasi virus korona covid-19. (AFP)
Ilustrasi virus korona covid-19. (AFP)

Kata 'Pandemi' Terpilih Menjadi Word of The Year 2020

Internasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 01 Desember 2020 12:27
Massachusetts: Penghargaan Word of The Year atau Kata Tahun Ini versi kamus Merriam-Webster pada 2020 jatuh pada pilihan yang sudah jelas: pandemic (pandemi). Dalam keterangan di situsnya, Merriam-Webster mengatakan bahwa "pandemi" menjadi kata paling dicari di dunia maya ketimbang kata lainnya sepanjang tahun ini.
 
Terpilihnya kata "pandemi" terjadi saat jumlah kasus virus korona (covid-19) di kancah global telah melampaui 63 juta dengan angka kematian di atas 1,4 juta dan 40.523.031 pasien sembuh.
 
"Terkadang, sebuah kata dapat mendefinisikan sebuah era. Di tengah tahun yang sangat, sangat sulit ini, sebuah kata tunggal langsung menjadi kandidat utama," kata Merriam-Webster, dilansir dari laman Asia One pada Selasa, 1 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Merriam-Webster, pandemi didefinisikan sebagai "sebuah wabah penyakit yang terjadi di sebuah area geografi yang luas (meliputi berbagai negara dan benua) yang berimbas pada populasi dalam jumlah signifikan."
 
Akar kata "pandemi" berasal dari bahasa Yunani "pan," yang artinya adalah semua atau setiap, dan "demos" yang artinya adalah masyarakat. Pencarian kata "pandemi" meroket pada 11 Maret saat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melabeli covid-19 sebagai sebuah pandemi.
 
Baca:  WHO Menetapkan Virus Korona Sebagai Pandemi Global
 
"Pencarian kata 'pandemi' mengalami lonjakan terbesar dalam hal lalu lintas kamus pada 2020, yang memperlihatkan kenaikan 115.806 persen dibanding hari yang sama pada 2019," sebut Merriam-Webster, perusahaan yang didirikan pada 1831.
 
Tahun lalu, Word of The Year versi Merriam-Webster adalah "They" atau "Mereka," digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai laki-laki maupun perempuan.
 
Word of The Year lainnya adalah "Justice" atau "Keadilan" di tahun 2018, "Feminism" atau "Feminisme" pada 2017, dan "Surreal" atau "Surealis/Tak Biasa" pada 2016.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif