Tenaga medis bekerja di sebuah rumah sakit darurat di Prancis. (Foto: AFP)
Tenaga medis bekerja di sebuah rumah sakit darurat di Prancis. (Foto: AFP)

Bocah di Prancis Meninggal akibat Penyakit Langka Terkait Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 16 Mei 2020 14:01
Marseille: Seorang bocah berusia 9 tahun di Prancis meninggal akibat penyakit mirip Kawasaki yang diyakini terkait dengan virus korona (covid-19). Kematian semacam ini merupakan yang pertama terjadi di Prancis.
 
"Pasien meninggal akibat luka neurologi terkait dengan serangan jantung," kata Fabrice Michel, kepala unit perawatan intensif di rumah sakit La Timone di kota Marseille, kepada kantor berita AFP, Sabtu 16 Mei 2020.
 
Setelah dinyatakan positif covid-19, bocah yang tak disebutkan namanya itu dirawat di rumah sakit selama tujuh hari. Ia dinyatakan meninggal dunia Sabtu ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam tiga pekan terakhir, sejumlah negara melaporkan kasus bocah terinfeksi semacam peradangan mirip penyakit langka Kawasaki. Sejumlah ilmuwan meyakini Kawasaki ada kaitannya dengan covid-19.
 
Di New York, Gubernur Andew Cuomo mengatakan pada Selasa kemarin bahwa tiga anak-anak di wilayahnya meninggal akibat covid-19. Saat ini ada lebih dari 100 kasus covid-19 yang melibatkan anak-anak di New York.
 
Menurut keterangan agensi kesehatan publik AS, terdapat 125 kasus covid-19 di kalangan anak-anak antara tanggal 1 Maret hingga 12 Mei. Rata-rata usia pasien berkisar antara satu dan 14 tahun.
 
Gejala penyakit mirip Kawasaki terkait covid-19 ini meliputi panas tinggi, ruam, nyeri di bagian perut, mata merah, dan lidah bengkak.
 
Kamis kemarin, agensi kesehatan Prancis mengatakan bahwa peradangan pembunuh darah dan kerusakan organ jantung "lebih banyak dikaitkan" dengan kasus-kasus covid-19 ketimbang Kawasaki.
 
Michel, seorang dokter anak di Marseille, menekankan bahwa Kawasaki atau penyakit mirip Kawasaki, merupakan kondisi langka. Ia meminta para orang tua untuk segera menghubungi dokter jika anak mereka mengalami demam di atas dua hari dan disertai beberapa gejala penyakit Kawasaki.
 
Kawasaki disease merupakan penyakit langka yang biasanya menyerang anak di bawah umur lima tahun. Penyebab penyakit ini belum diketahui.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).

 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif