Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).

Walaupun Arogan dan Kasar, Trump Layak Jadi Kandidat Nobel Perdamaian

Internasional donald trump
Marcheilla Ariesta • 16 September 2020 21:15
Oslo: Anggota Parlemen Norwegia pekan lalu menominasikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menerima Hadiah Nobel Perdamaian 2021. Christian Tybring-Gjedde mengatakan meskipun ia berpenampilan kasar dan arogan, Trump tetap menjadi kandidat layak untuk penghargaan bergengsi tersebut.
 
Tybring-Gjedde yang merupakan anggota parlemen untuk partai populis anti-imigran Norwegia memutuskan untuk menominasikan Trump atas penghargaan tersebut. Alasannya, normalisasi hubungan Israel dan beberapa negara Arab dinilai sangat bersejarah.
 
Komite Nobel Norwegia juga menyambut semua nama yang diajukan setiap tahunnya, selama dikirim sebelum 31 Januari untuk tahun yang sama. Biasanya yang diajukan adalah mereka yang memenuhi syarat untuk dicalonkan, seperti anggota parlemen dan pemerintah dari seluruh dunia hingga profesor universitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengumuman Tybring-Gjedde menjadi berita utama di seluruh dunia, kurang dari dua bulan menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat pada 3 November mendatang.
 
Ini kali keduanya mengajukan nama Trump setelah nominasi pertama pada 2018. Ia menjabarkan alasannya dalam tulisannya di harian Norwegia Aftenposten.
 
"Ada sedikit keraguan bahwa Trump sering tampil sebagai orang yang kasar dan arogan," tulisnya dikutip dari Barrons, Rabu, 16 September 2020.
 
"Pencalonan saya didasarkan pada hasil yang diperoleh atas nama perdamaian dunia, rekonsiliasi, dan penarikan pasukan militer. Ada kemungkinan sikap tidak diplomatis Trump yang membuat percakapannya berakhir lebih dari sekadar kata-kata," imbuh Tybring-Gjedde.
 
Menurutnya, miliarder 74 tahun itu memenuhi kriteria yang ditentukan, lebih banyak dari pemenang sebelumnya.
 
"Suka atau tidak dengan kepribadian Trump tidaklah penting dalam konteks ini. Trump adalah penerima Hadiah Nobel Perdamaian yang layak," pungkasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif