Mantan jurnalis Rusia Marina Ovsyannikova ditahan karena protes perang Ukraina. Foto: AFP
Mantan jurnalis Rusia Marina Ovsyannikova ditahan karena protes perang Ukraina. Foto: AFP

Protes Perang Ukraina, Eks Jurnalis Rusia Dihukum Tahanan Rumah

Marcheilla Ariesta • 12 Agustus 2022 10:57
Moskow: Mantan jurnalis televisi Rusia, Marina Ovsyannikova menjadi tahanan rumah salam dua bulan pada Kamis, 11 Agustus 2022. Ia terjerat dalam kasus pidana menyebarkan berita palsu mengenai angkatan bersenjata Rusia.
 
Ovsyannikova didenda dua kali dalam kasus terpisah karena memprotes perang di Ukraina. Ia bahkan sempat menyela siaran langsung berita nasional pada Maret lalu dengan berteriak, "Hentikan perang!"
 
Ia juga mengangkat poster tulisan yang memberitahu pemirsa untuk tidak mempercayai propaganda negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Straits Times, Jumat, 12 Agustus 2022, dalam kasus terbaru, dia menghadapi hukuman 10 tahun penjara jika terbukti bersalah menyebarkan informasi tentang tentara Rusia yang berbeda dari rekening pemerintah.
 
Ini berkaitan dengan protes pada bulan Juli ketika dia berdiri di tanggul sungai di seberang Kremlin dan mengangkat poster yang menyebut Presiden Vladimir Putin sebagai pembunuh dan tentaranya fasis.
 
"Berapa banyak lagi anak yang harus mati sebelum kamu berhenti?" tulisnya di poster itu.
 
Rusia mengeluarkan undang-undang baru yang melarang mendiskreditkan angkatan bersenjata pada 4 Maret, hanya delapan hari setelah mereka menginvasi Ukraina yang disebut sebagai 'operasi militer khusus'.
 
Interfax mengatakan pengadilan distrik Basmanny Moskow telah menempatkan Ovsyannikova dalam tahanan rumah hingga 9 Oktober.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif