WHO sebut ada penurunan risiko keparahan varian Omicron pada usia muda dan tua. Foto: AFP
WHO sebut ada penurunan risiko keparahan varian Omicron pada usia muda dan tua. Foto: AFP

WHO: Infeksi Omicron Ringan Serang Usia Tua dan Muda, Tapi Jangan Dianggap Enteng

Internasional WHO covid-19 Omicron Varian Omicron
Fajar Nugraha • 07 Januari 2022 09:06
Jenewa: Varian Omicron yang lebih menular dari covid-19 tampaknya menghasilkan penyakit yang lebih ringan daripada jenis varian Delta yang dominan secara global. Tapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan varian ini tidak boleh dikategorikan sebagai ‘ringan’.
 
Janet Diaz, pimpinan WHO untuk manajemen klinis mengatakan, studi awal menunjukkan ada penurunan risiko rawat inap dari varian yang pertama kali diidentifikasi di Afrika selatan dan Hong Kong pada November dibandingkan dengan varian Delta.
 
“Tampaknya juga ada penurunan risiko keparahan pada orang yang lebih muda dan lebih tua,” katanya pada konferensi pers dari kantor pusat WHO di Jenewa, seperti dikutip AFP, Jumat 7 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan tentang pengurangan risiko penyakit parah berpadu dengan data lain, termasuk studi dari Afrika Selatan dan Inggris. Meskipun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang studi atau usia kasus yang dianalisis.
 
Dampak pada orang tua adalah salah satu pertanyaan besar yang belum terjawab tentang varian baru, karena sebagian besar kasus yang dipelajari sejauh ini terjadi pada orang yang lebih muda.
 
"Meskipun Omicron tampaknya tidak terlalu parah dibandingkan Delta, terutama pada mereka yang divaksinasi. Kondisi ini tidak berarti harus dikategorikan sebagai ringan," ucap Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada pengarahan yang sama di Jenewa.
 
"Sama seperti varian sebelumnya, Omicron merawat orang di rumah sakit dan membunuh orang,” jelasnya.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif