Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)

Hantam Bahama, Badai Isaias Bergerak Menuju Florida

Internasional amerika serikat topan badai
Willy Haryono • 01 Agustus 2020 13:02
San Juan: Badai Isaias menerbangkan sejumlah atap rumah dan menumbangkan pepohonan saat melanda Bahama pada Sabtu 1 Agustus 2020 dini hari waktu setempat. Dari Bahama, badai ini terus bergerak ke ara pesisir Florida.
 
Wali Kota Miami Carlos Gimenez mengatakan bahwa 20 pusat evakuasi telah didirikan, yang dapat disesuaikan dengan protokol kesehatan virus korona (covid-19).
 
"Kami belum merasa perlu membuat tempat penampungan untuk badai ini. Tapi kalau memang dibutuhkan, kami sudah mempersiapkannya," kata Gimenez, dikutip dari laman Washington Post.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas North Carolina telah memerintahkan evakuasi untuk warga di Oracoke Island, yang tahun lalu pernah dihantam Badai Dorian. Evakuasi akan dimulai pada Sabtu malam nanti.
 
Sementara itu di Bahama, otoritas setempat mengevakuasi warga dari pulau Abaco, yang juga pernah dilanda Badai Dorian tahun lalu. Warga di wilayah timur dari Grand Bahama juga dievakuasi.
 
Menurut data Pusat Badai Nasional (NHC), Isaias memiliki kecepatan putaran angin hingga 130 kilometer per jam pada Jumat malam, dan diperkirakan akan terus menguat hingga hari ini. Badai Isaias saat ini bergerak ke arah Florida dengan kecepatan sekitar 24 km/jam.
 
Paula Miller, kepala organisasi Mercy Corps, mengatakan bahwa infrastruktur di Bahama biasanya mampu menghadapi terjangan badai. Namun karena kondisi Bahama belum stabil usai diterjang Dorian dan juga pandemi virus korona (covid-19), masyarakat setempat khawatir Isaias akan menimbulkan kerusakan parah.
 
"Banyak properti dan rumah (di Bahama) yang belum diperkuat. Bahkan badai Kategori 1 pun dapat menimbulkan kerusakan parah," kata Miller.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif