Presiden AS Donald Trump (kiri) dan capres Partai Demokrat Joe Biden. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan capres Partai Demokrat Joe Biden. (Foto: AFP)

Debat Kedua Capres AS Dibatalkan

Internasional amerika serikat Virus Korona joe biden donald trump Pilpres AS 2020
Marcheilla Ariesta • 10 Oktober 2020 13:37
Washington: Komisi Debat Presiden mengumumkan bahwa debat kedua calon presiden Amerika Serikat dibatalkan. Debat yang semula dijadwalkan pada 15 Oktober itu batal setelah capres petahana, Donald Trump, menolak debat jika acara berlangsung secara virtual.
 
Perubahan format debat menjadi virtual disampaikan komisi usai Trump terinfeksi virus korona (covid-19). Karena Trump tidak mau ikut, otomatis acara debat dibatalkan.
 
"Debat kedua presiden AS dibatalkan," kata komisi tersebut, dilansir dari Stuff.co.nz, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump menolak keras mengadakan debat dalam format virtual. Andrew Bates, juru bicara Partai Demokrat untuk capres Joe Biden, menyebut sikap Trump sebagai sesuatu yang memalukan.
 
"Debat 15 Oktober adalah satu-satunya acara di mana para pemilih dapat langsung mengajukan pertanyaan kepada kedua kandidat," kata Bates.
 
Tim kampanye Trump membalas dan mengajak melakukan debat sesuai jadwal dengan format tatap muka. Balasan disampaikan usai dokter kepresidenan mengatakan bahwa Trump sudah bisa kembali mengadakan acara publik mulai hari ini.
 
Namun komisi debat tetap berkukuh acara harus digelar secara virtual. "Kami tidak akan mengambil risiko dengan menampilkan para kandidat bersama-sama. Ini demi keamanan dan kesehatan bersama," tutur Komisi Debat Presiden.
 
Trump dinyatakan positif covid-19 pada 1 Oktober lalu, usai melakukan debat perdana dengan Biden. Diduga Trump tertular ajudannya, Hope Hicks, yang juga dinyatakan positif covid-19 satu hari sebelumnya.
 
Sementara itu, debat ketiga presiden AS dijadwalkan pada 22 Oktober mendatang di Nashville, Tennessee. Hingga saat ini, belum ada keputusan untuk membatalkan debat ketiga tersebut.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif