Presiden AS Joe Biden di Ruang Oval. Foto: CNN.
Presiden AS Joe Biden di Ruang Oval. Foto: CNN.

Perbarui Dekorasi Ruang Oval, Biden Singkirkan Patung Winston Churchill

Internasional amerika serikat joe biden
Marcheilla Ariesta • 22 Januari 2021 21:04
Washington: Penampakan Gedung Putih, terutama Ruang Oval, kembali berubah. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat baru saja melantik Joe Biden sebagai presiden ke-46.
 
Salah satu yang menarik perhatian adalah patung Winston Churchill, mantan perdana menteri Inggris yang dianggap salah satu pemimpin terbaik Negeri Ratu Elizabeth itu.
 
Patung Churchill mendapat perhatian karena paling sering gonta-ganti posisi. Di masa Barack Obama, patung tersebut diletakkan di ruang penandatanganan perjanjian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di masa Donald Trump, patung tersebut kembali ke Ruang Oval. Dan kini, oleh Biden, patung tersebut kembali disingkirkan dari ruang kerjanya.
 
Baca juga: Bersama Biden, AS Kembali ke Kesepakatan Iklim Paris
 
"Ruang Oval adalah ruang kerja pribadi Presiden Amerika Serikat, dan terserah Presiden untuk mendekorasi ruangan itu sesuai keinginannya," ujar juru bicara Downing Street Inggris.
 
Meskipun demikian, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson berharap hubungan Inggris-AS diperkiat dengan pemerintahan baru.
 
"Kami tidak ragu tentang pentingnya Presiden Biden menempatkan hubungan Inggris-AS, dan Perdana Menteri berharap untuk memiliki hubungan dekat dengannya," imbuh mereka.
 
Dilansir dari CNN, Jumat, 22 Januari 2021,  selain patung Winston Churchill, Biden juga menyingkirkan potret mantan Presiden Amerika ke-7, Andrew Jackson. Olehnya, potret itu dikembalikan ke Museum Smithsonian.
 
Ketika Donald Trump masih menjabat, ia sempat menimbulkan kontroversi ketika menyambut para veteran Navajo di depan potret Andrew Jackson. Dalam sejarah, Andrew Jackson bertanggungjawab atas peristiwa Trail of Tears di mana ia memindahkan secara paksa warga-warga pribumi Amerika.
 
Sebagai ganti dari potret Andrew Jackson, Joe Biden memasang potret Benjamin Franklin, bapak pendiri Amerika. Biden juga menempatkan patung tokoh pergerakan sipil seperti Cesar Chavez, Martin Luther King Jr, Robert F. Kennedy, Rosa Parks, dan Eleanor Roosevelt di berbagai sisi Ruang Oval.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif