Pemeriksaan covid-19 bagi pendatang asing di Bandara Fiumicino, Italia. Foto: AFP
Pemeriksaan covid-19 bagi pendatang asing di Bandara Fiumicino, Italia. Foto: AFP

Tiba di Italia, Anggota Delegasi G20 Indonesia Positif Covid-19

Internasional Virus Korona wni Italia pandemi covid-19 KBRI WNI Terinfeksi Covid-19
Marcheilla Ariesta • 23 Juni 2021 15:45
Roma: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia mengabarkan ada seorang delegasi Indonesia yang terindikasi positif covid-19 saat akan menghadiri pertemuan G20 di kota Catania, Sicilia, Italia. Masing-masing delegasi Indonesia tiba di Catania secara terpisah dan menjalani tes antigen saat ketibaan.
 
"Dari hasil rapid test tersebut,salah seorang dari delegasi Indonesia terindikasi positif covid-19, sementara lainnya negatif," kata KBRI Roma dalam pernyataannya, Rabu, 23 Juni 2021.
 
Delegasi Indonesia tersebut akan menghadiri pertemuan Menteri Pendidikan G20 dan Pertemuan Bersama Menteri Pendidikan dan Menteri Ketenagakerjaan. Pertemuan dilangsungkan pada 22-23 Juni 2021 di Catania.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, telah dilakukan tes molekuler (swab) pada Senin, 21 Juni 2021 kepada seorang delegasi Indonesia termaksud. Hasil swab test yang diterima Senin malam mengkonfirmasi yang bersangkutan positif covid-19," tambah mereka.
 
Berdasarkan ketentuan yang berlaku, pada Selasa kemarin pihak Dinas Kesehatan Provinsi (ASP) Catania telah melakukan kepada enam delegasi Indonesia yang melakukan kontak dekat dengan yang bersangkutan. Hasil swab tes untuk keenam orang tersebut negatif covid-19.
 
KBRI Roma mengatakan dokter di Italia telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap delegasi RI yang positif virus korona. "Dokter menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi baik dan stabil," kata KBRI Roma.
 
Delegasi tersebut diminta untuk tetap melakukan isolasi mandiri di hotel tempatnya tinggal selama 10 hari. Swab tes kedua akan dilakukan pada hari ke-11 isolasi mandiri.
 
KBRI Roma mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Mereka juga memberikan bantuan serta pendampingan, dan memantau perkembangan yang ada.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif