Sekjen Liga Muslim Dunia, Mohammed al-Issa (kiri) di katedral Prancis. Foto: AFP.
Sekjen Liga Muslim Dunia, Mohammed al-Issa (kiri) di katedral Prancis. Foto: AFP.

Sekjen Liga Muslim Dunia: Umat Islam Tidak Menentang Kebebasan

Internasional prancis Emmanuel Macron
Marcheilla Ariesta • 28 Oktober 2020 20:11
Riyadh: Warga Muslim di hampir seluruh dunia marah dengan pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dianggap menyebarkan kebencian pada Islam. Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia, Mohammed al-Issa mengatakan umat Muslim tidak menentang kebebasan individu dalam berpendapat.
 
"Kami tidak menentang kebebasan yang sah, tapi kami menentang penggunaan kebebasan itu untuk keuntungan materi, merusak nilainya. Kami juga menentang akibat dari penyebaran kebencian dan rasisme," katanya, dilansir dari Al Arabiya, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Pernyataan Al-Issa muncul di tengah kontroversi penggunaan kartun Nabi Muhammad di kelas sekolah Prancis mengenai kebebasan berekspresi. Guru sejarah itu kemudian dibunuh oleh muridnya yang dicap Macron sebagai 'Islamis' dan guru itu disebut korban serangan teroris Islam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Macron juga membela penerbitan ulang kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad.
 
"Kami tidak akan menyerah akan kartun," kata Macron dalam upacara penghormatan guru yang tewas itu.
 
"Dia dibunuh karena Islamis menginginkan masa depan kita. Mereka tidak akan pernah memilikinya," imbuh Macron.
 
Pernyataannya memicu protes dari berbagai kalangan. Banyak pemimpin di dunia Islam mengutuk tewasnya guru itu, namun mereka menekankan pentingnya menghormati para nabi.
 
Al-Issa mengutuk dengan sangat keras kartun tersebut dan mengatakan itu menyinggung Muslim. Namun, dia menekankan sosok Nabi Muhammad terlalu besar untuk diremehkan oleh kartun.
 
Ia mendorong umat Islam menghindari reaksi negatif yang berlebihan. Ia meminta mereka bertindak sesuai dengan ajaran agama Islam.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif