Seorang warga berjalan melewati gedung yang rusak terkena serangan Rusia di Kota Irpin, Ukraina, 3 Juni 2022. (Sergei SUPINSKY / AFP)
Seorang warga berjalan melewati gedung yang rusak terkena serangan Rusia di Kota Irpin, Ukraina, 3 Juni 2022. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Rusia Gempur 2 Gedung Hunian Warga di Ibu Kota Ukraina

Willy Haryono • 26 Juni 2022 14:53
Kiev: Pasukan Rusia menyerang ibu kota Ukraina, Kiev, pada Minggu dini hari waktu setempat, 26 Juni 2022. Menurut keterangan Wali Kota Kiev Vitali Klitschko, serangan Rusia menghantam setidaknya dua gedung hunian warga
 
Sejumlah jurnalis di Kiev melihat petugas memadamkan kebakaran di lokasi serangan sembari menyelamatkan warga sipil. Klitschko mengatakan dua orang terluka dalam serangan terbaru Rusia.
 
"Menurut data awal, 14 rudal diluncurkan ke wilayah Kiev dan (ibu kota) Kiev," ujar anggota parlemen Ukraina Oleksiy Goncharenko via aplikasi Telegram, dilansir dari laman Hurriyet Daily, Minggu, 26 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum terjadinya serangan hari ini, Kiev belum pernah lagi terkena gempuran udara Rusia sejak 5 Juni.
 
Sementara itu, pasukan Rusia berusaha merebut markas terakhir Ukraina di wilayah Luhansk usai menguasai sepenuhnya kota Severodonetsk. Menurut keterangan separatis pro-Rusia, Moskow kini mengalihkan fokus dalam merebut kota Lysychansk.
 
Sabtu kemarin, Rusia juga meluncurkan puluhan rudal di sejumlah wilayah di Ukraina yang jauh dari episentrum pertempuran terkini di Donbas. Beberapa rudal ditembakkan dari pesawat Tu-22 yang dikerahkan dari Belarusia.
 
Serangan di Kiev terjadi beberapa saat sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia bertemu di Saint Petersburg. Dalam pertemuan itu, Putin mengumumkan rencana memasok sistem rudal nuklir Iskander-M ke Belarusia.
 
Baca:  Kota Severodonetsk di Ukraina Sepenuhnya Jatuh ke Tangan Rusia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif