Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Kampanye Imunisasi Polio Ditangguhkan karena Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Arpan Rahman • 03 April 2020 20:15
Baltimore: Inisiatif Pemberantasan Polio Global (GPEI) mengatakan bahwa mereka menghentikan semua kampanye imunisasi selama enam bulan ke depan untuk mencegah penyebaran covid-19 lebih lanjut dan menyediakan sumber daya yang tersedia untuk memerangi pandemi.
 
"Respons pandemi covid-19 membutuhkan solidaritas di seluruh dunia dan upaya global yang mendesak," organisasi global yang bekerja untuk memberantas virus polio yang mengancam jiwa itu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis.
 
"Inisiatif Pemberantasan Polio Global siap merespons," tambahnya, disitir dari UPI, Jumat, 3 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


GPEI mengatakan semua negara telah disarankan untuk menunda kampanye pencegahan virus polio sampai paruh kedua tahun 2020. Mereka yang telah merencanakan untuk melakukan kampanye agar menunda sampai Juni dan kemudian mengevaluasi kembali apakah akan melanjutkan berdasarkan status pandemi, yang telah merebak sejak Desember ketika mulai lebih dari 1 juta infeksi dan lebih dari 53.000 kematian di seluruh dunia, menurut pelacakan langsung covid-19 oleh Universitas Johns Hopkins.
 
"Kami mengambil keputusan ini dengan penyesalan yang mendalam, karena mengetahui lebih banyak anak mungkin lumpuh akibat polio," kata GPEI.
 
"Meskipun demikian, GPEI percaya itu adalah keputusan yang tepat, mengingat keharusan untuk menyelamatkan nyawa dalam keadaan darurat saat ini dan tidak berkontribusi pada penyebaran covid-19 lebih lanjut," cetusnya.
 
Organisasi tersebut menggambarkan pengumuman itu sebagai "ajakan untuk bertindak," yang menyatakan aset program dan operasional dan sumber daya manusianya akan tersedia "untuk memungkinkan tanggapan yang kuat terhadap covid-19."
 
Pengumuman itu datang lebih dari sepekan setelah Dewan Pengawasan Polio memutuskan untuk "semua kegiatan polio, yang bertentangan dengan panduan global tentang jarak fisik, seperti rumah ke rumah atau kegiatan imunisasi lainnya menggunakan vaksin oral atau injeksi, harus ditunda untuk menghindari komunitas dan pekerja garis depan atas risiko yang tidak perlu dan memfasilitasi tanggapan covid-19 yang cepat dan efektif di negara-negara."
 
GPEI mengatakan, keputusan akhir tentang penangguhan kegiatan polio akan tergantung pada masing-masing negara, memperingatkan mereka yang memutuskan supaya melanjutkan risiko penyebaran covid-19 lebih lanjut. Dikatakan bahwa beberapa negara yang akan melanjutkan upaya mereka harus memiliki protokol untuk melindungi petugas kesehatan dan masyarakat.
 
Dikatakan begitu situasi memungkinkan, GPEI akan meningkatkan responsnya untuk memerangi polio karena penundaan kampanye vaksinasi "akan mengarah pada perpanjangan waktu pemberantasan dan peningkatan kebutuhan sumber daya."
 
GPEI diluncurkan pada 1988 dan terpisah dari upaya global untuk memberantas polio. Sejak itu, kejadian polio telah menurun hingga 99,9 persen, kata organisasi itu di situs webnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif