Warga menikmati hidangan di salah satu restoran di Milan, Italia, yang mulai dibuka kembali. (Foto: AFP/Getty)
Warga menikmati hidangan di salah satu restoran di Milan, Italia, yang mulai dibuka kembali. (Foto: AFP/Getty)

Lockdown Diperlonggar, Warga Eropa Serbu Restoran dan Bar

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 19 Mei 2020 10:03
Berlin: Negara-negara di seantero Eropa telah melonggarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) seiring berlanjutnya tren penurunan jumlah kasus virus korona (covid-19). Lewat pelonggaran lockdown ini, sejumlah restoran, bar, dan kafe di seantero Eropa mulai kembali dibuka.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Selasa 19 Mei 2020, Jerman, Italia, dan Spanyol telah keluar dari daftar empat besar negara dengan angka kasus tertinggi covid-19. Kini daftar empat besar tersebut diduduki Amerika Serikat, Rusia, Brasil, dan Inggris.
 
Disiarkan dari Daily Mirror, warga Jerman beramai-ramai mendatangi kafe yang kembali dibuka untuk sekadar bersantai meminum bir. Warga Spanyol juga demikian, yang akhirnya bisa mendatangi sejumlah bar untuk kali pertama dalam dua bulan terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Italia juga telah membuka kembali restoran, kafe, toko, dan bar sejak Senin kemarin. Pelonggaran lockdown dilakukan Italia usai covid-19 menewaskan lebih dari 32 ribu orang di negara tersebut.
 
Sepanjang akhir pekan kemarin, angka kematian harian akibat covid-19 di Italia dan Spanyol turun ke level terendah sejak menyebar dengan cepat pada Maret.
 
Tren penurunan angka kasus dan kematian akibat covid-19 merupakan pemicu diambilnya keputusan lockdown di sejumlah negara Eropa. Minggu 17 Mei kemarin, Italia hanya mencatat 145 kematian harian, sedangkan di Spanyol 87.
 
Karena rendahnya angka kasus dan kematian akibat covid-19 di Spanyol, warga yang tinggal di luar Madrid dan Barcelona kini sudah bisa berkumpul dengan kapasitas maksimum 10 orang. Bar, restoran, bioskop, museum, dan teater juga sudah dibuka kembali, namun dalam kapasitas di bawah normal.
 
Prancis berencana membuka lebih banyak sekolah dan pertokoan dalam waktu dekat. Warga Prancis juga akan diizinkan menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh maksimal 100 kilometer tanpa perlu membawa surat izin khusus.
 
Di Belgia, negara dengan rata-rata kematian covid-19 tertinggi di dunia, beberapa tingkatan di sekolah dasar dan menengah mulai kembali menjalankan aktivitas belajar mengajar.
 
Denmark dan Portugal juga telah mengizinkan bar dan restoran untuk kembali beroperasi.
 
Pariwisata merupakan sektor andalan bagi beberapa negara Eropa, termasuk Italia, Spanyol, dan Yunani. Italia dan Spanyol dijadwalkan membuka kembali perbatasan mereka untuk menyambut turis mulai Juni mendatang.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif