Letusan Gunung Mauna Loa Hawaii terlihat dari satelit./AFP
Letusan Gunung Mauna Loa Hawaii terlihat dari satelit./AFP

Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Erupsi

Marcheilla Ariesta • 28 November 2022 21:37
Hawaii: Letusan puncak kaldera Mauna Loa Hawaii dimulai pada Minggu, 27 November malam waktu setempat. Hal ini disampaikan Layanan Aktivitas Geologi AS (USGS).
 
"Saat ini aliran lahar tertahan di dalam area puncak dan tidak mengancam masyarakat di lereng bawah," kata USGS dalam pemberitahuannya, dilansir dari Voice of America (VOA), Senin, 28 November 2022.
 
Namun, pemberitahuan tersebut memperingatkan, berdasarkan peristiwa sebelumnya, bahwa tahap awal letusan gunung berapi ini bisa sangat dinamis dan lokasi serta aliran lahar dapat berubah dengan cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tingkat pemberitahuan gunung berapi ini ditambah, dari 'imbauan' menjadi 'peringatan'.
 
Baca juga: Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava 13 Kali Selama Sepekan
 
Pemberitahuan tersebut menambahkan bahwa Hawaiian Volcano Observatory (HVO) akan melakukan pengintaian udara sesegera mungkin untuk menilai bahaya dan menggambarkan letusan dengan lebih baik.
 
"Lebih dari selusin gempa berkekuatan lebih dari 2,5 magnitudo melanda wilayah itu dalam dua jam terakhir," menurut USGS, dengan satu berkekuatan 4,2 magnitudo.
 
Mauna Loa, yang menempati lebih dari separuh Big Island di Hawaii, dan menjulang setinggi 4.169 meter, merupakan gunung berapi terbesar di dunia. Ia menjulang di atas Samudra Pasifik dan terakhir meletus pada bulan Maret dan April 1984, mengirimkan aliran lava dalam jarak 8,05 kilometer ke kota Hilo.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif