Olaf Scholz mengucapkan sumpah jabatan dalam pelantikan dirinya sebagai Kanselir Jerman di gedung parlemen Bundestag, Berlin, 8 Desember 2021. (John MACDOUGALL / AFP)
Olaf Scholz mengucapkan sumpah jabatan dalam pelantikan dirinya sebagai Kanselir Jerman di gedung parlemen Bundestag, Berlin, 8 Desember 2021. (John MACDOUGALL / AFP)

Sah! Olaf Scholz Resmi Dilantik Sebagai Kanselir Jerman

Internasional politik jerman jerman Angela Merkel Olaf Scholz
Willy Haryono • 08 Desember 2021 18:51
Berlin: Politikus Partai Demokratik Sosial Jerman (SPD) Olaf Scholz resmi dilantik sebagai kanselir baru Jerman pada Rabu, 8 Desember 2021. Ia menggantikan Angela Merkel yang telah berkuasa di Jerman selama 16 tahun.
 
Dikutip dari AFP, Scholz mengucap sumpah jabatan dengan dipandu oleh ketua parlemen Jerman (Bundestag), Baerbel Bas. Sebelumnya di hari yang sama, pria 63 tahun itu telah mengamankan mayoritas parlemen dengan raihan 395 dari 707 suara.
 
Pernah menjadi menteri keuangan di era Merkel, Scholz memimpin SPD menuju kemenangan dalam pemilihan umum Jerman pada 26 September. Kemenangan tersebut merupakan sesuatu yang tak terduga karena SPD sempat mengalami perpecahan di awal 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Scholz akan memimpin pemerintahan koalisi "lampu lalu lintas" yang terdiri dari SPD, Partai Hijau, dan Partai Demokratik Bebas (FDP). Ini merupakan pemerintahan tiga partai perdana di Jerman sejak tahun 1957.
 
"Kita memiliki peluang untuk memulai permulaan yang baru di Jerman," tutur Scholz kepada jajaran SPD pada akhir pekan kemarin.
 
Aliansi tiga partai Scholz bertujuan memangkas emisi karbon, mendorong proyek infrastruktur digital, memodernisasi aturan kewarganegaraan, meningkatkan upah minimum, dan melegalisasi penggunaan ganja.
 
Angela Merkel sempat melihat jalannya pemungutan suara untuk Scholz di Bundestag dari bangku pengunjung. Merkel, yang telah memimpin Jerman selama 5.860 hari, tidak akan melanjutkan kariernya sebagai anggota parlemen.
 
Para anggota parlemen berdiri dan bertepuk tangan kepada Merkel di menit-menit akhir masa jabatannya.Hanya segelintir politisi dari partai sayap kanan yang tidak ikut berdiri dan bertepuk tangan.
 
Baca:  Perpisahan Angela Merkel Diiringi Upacara Militer Diwarnai Musik Punk Rock
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif