Paus Fransiskus. (Foto: AFP)
Paus Fransiskus. (Foto: AFP)

Fransiskus Serukan Diakhirinya Pandemi Kemiskinan

Internasional Virus Korona paus fransiskus Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 31 Mei 2020 20:07
Vatikan: Paus Fransiskus menyerukan diakhirinya "pandemi kemiskinan" usai krisis kesehatan global yang melibatkan virus korona (covid-19) berakhir. Menurutnya, kehidupan di dunia akan berubah usai krisis covid-19 berakhir.
 
"Semuanya akan benar-benar berbeda usai pandemi virus ini," kata Fransiskus, dikutip dari TRT World, Minggu 31 Mei 2020.
 
Berbicara dalam sebuah pesan video berbahasa Spanyol, Fransiskus menegaskan bahwa komunitas global memiliki tugas untuk membangun realitas baru yang lebih baik, terutama untuk kalangan miskin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harus ada aksi nyata dalam mengakhiri pandemi kemiskinan di dunia ini," ungkapnya.
 
Menurut Fransiskus, pandemi covid-19 saat ini merupakan salah satu ujian besar bagi umat manusia. Nantinya, ia meyakini tiap-tiap orang di dunia akan menjadi individu berbeda saat pandemi covid-19 berakhir.
 
"Saya bertanya kepada kalian: ingin menjadi seperti apa saat kalian keluar (dari krisis covid-1)? Apakah menjadi pribadi yang lebih baik, atau buruk?" tanya pria 83 tahun asal Argentina itu.
 
Pernyataan Fransiskus disampaikan saat angka kasus covid-19 di kancah global melampaui 6 juta, berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins dan Worldometers sepanjang akhir pekan ini.
 
Terlewatinya angka 6 juta infeksi terjadi di hari ke-152 usai Tiongkok pertama kali melaporkan kasus perdana covid-19 di akhir Desember 2019. Covid-19 kini sudah menyebar di lebih dari 210 negara dan wilayah.
 
Angka infeksi global covid-19 bertambah satu juta dalam kurun waktu 12 hari usai jumlah kasusnya menyentuh angka 1 juta pada 3 April. Sementara lonjakan dari lima juta kasus covid-19 ke enam juta terjadi dalam kurun waktu 10 hari.
 
Sejauh ini Amerika Serikat masih menjadi negara dengan angka kasus dan kematian tertinggi akibat covid-19. Berdasarkan catatan Johns Hopkins, total kasus covid-19 di AS kini melampaui 1,7 juta dengan 103 ribu lebih kematian dan 416 pasien sembuh.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif